Validitas Buku Ilmiah Populer Etnobotani Tumbuhan Leucosyke capitellata di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut

Nurfatma Nurfatma, Dharmono Dharmono, Sri Amintarti

Abstract


Validitas merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di dalam penelitian dan pengembangan. Uji validasi yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari produk yang telah dikembangkan berdasarkan masukan-masukan yang diberikan oleh validator. Buku yang divalidasi adalah buku ilmiah populer Etnobotani Tumbuhan Leucosyke capitellata di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Validator terdiri dari 2 orang ahli dari Universitas Lambung Mangkurat. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model education design research (EDR) dengan evaluasi uji formatif Tessmer. Hasil validasi buku ilmiah populer memiliki nilai 92,71% dengan kriteria sangat valid.

Keywords


Validitas, Buku Ilmiah Populer, Etnobotani, Leucosyke capitellata

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Andarini, T. Masykuri, M. Dan Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran Biologi Mengunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar:Jurnal Inkuiri 2(1): 93-104

Cotton Cm. (1996). Ethnobotany: Principles And Applications. John Wiley & Sons Inc, New York (Us).

Das, S. (2010), Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran, Pusat Perbukuan, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dharmono. (2018). Kajian Etnobotani Tumbuhan Jalukap (Centella Asiatica L.) Di Suku Dayak Bukit Desa Haratai 1 Loksado. Bioscientiae, 4(2).

Dharmono. Mahrudin. & M. K. Riefani. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1 (2): 105-110

Dianto, I. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer. Al-Mau’izhah, 5(1).

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (2012). Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (2017). Panduan Penelaahan Dan Penilaian Naskah Buku Ilmiah. Jakarta: Lipi Press.

Mahrudin. & Dharmono. (2018). Pengembangan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Kawasan Tepi Sungai Maluka Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, Vol. 3 (2). 563-56. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Mulyadi. (2015). Tingkat Keterbacaan Reading Materials dalam Mata Kuliah Telaah Teks Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 1 2 (1), 121– 141.

Novana, T., Sajidan. & Maridi. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri. 3(2): 108-122.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode 7 Yang Menarik Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Punaji, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov). (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Rahmi, F. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of the Human Circulatory System Concepts Handout at Class XI IPA SMAN 6 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 14-19. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7885

Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya. Vol 34 (2): 193-204.

Riefani, M.K. Badruzsaufari. & Dharmono. (2020). “The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course,”. Phys. Conf. Ser. Vol. 1422 (1). doi: 10.1088/17426596/1422/1/012028.

Septiani, K. S. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1):51-57. DOI https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Suparman, M.A. (2012). Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan: Desain Instruksional Modern. Erlangga, Jakarta.

Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Suswina, M. (2016). Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi Sma Semester 1 Kelas XI. Ta'dib, 14(1).

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa Sma Kelas X. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi 6s(2), 86-92.

Zahro, N. H. (2015). Analisis Tingkat Keterbacaan Dalam Buku Teks Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Kelas 2: Nosi 2(3): 176-185.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i2.8541

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF - 1037 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: wahanabio@ulm.ac.id, Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.