Analisis Kelengkapan Sumber Belajar Biologi dan Korelasinya Terhadap Nilai Rerata Ujian Nasional IPA SMPN di Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2015/2016

Yatim Dwi Margono

Abstract


Sumber belajar biologi adalah segala sesuatu, baik berupa benda maupun gejalanya, yang dapat dipergunakan untuk memperoleh pengalaman dalam pemecahan permasalahan biologi tertentu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelengkapan, sumber belajar biologi dan nilai rerata ujian nasional IPA, menentukan korelasi kelengkapan sumber belajar biologi dengan nilai rerata ujian nasional mata pelajaran IPA SMPN di kabupaten Banjar. Penelitian kuantitatif ini, menggunakan metode survei menggunakan angket (questioner), melalui wawancara dengan beberapa guru IPA kelas 9 SMPN Se-kabupaten Banjar dan dokumentasi nilai ujian nasional. Analisis data menggunakan rumus produk momen korelasi dan uji t atau uji signifikansi produk momen korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan sumber belajar biologi SMPN di Kabupaten Banjar 45% kategori kurang lengkap dan nilai rerata ujian nasional IPA 45% dalam kategori cukup. Kelengkapan sumber belajar biologi berkorelasi sangat tinggi dengan nilai rerata ujian nasional mata pelajaran IPA SMPN di Kabupaten Banjar, yakni r = 0,96.

Keywords


Analisis, Deskripsi, Korelasi, Kelengkapan

Full Text:

PDF

References


Badriah, L., (2010). Pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP bakti Mulya 400 Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Darmono, (2007). Pengembangan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1):10-11

Departemen Pendidikan Nasional.Muspiro, N. (2013). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Perspektif Pendidikan Islam, 28 (3) :1430-1436.

Hedianti, Rezki (2015). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi sebagai Sumber Belajar IPA Biologi untuk siswa Kelas VII SMP/MTs.Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: 16

Inayah, R., (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan insan mandiri, 2(1).

Kedap, M., Sadia, W., & Natajaya, N. (2014). Kontribusi Nilai Ujian Nasional IPA SMP, Inteligensi, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Sma Negeri Se-Subrayon 4 Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1): 58-61

Mulyasa, E. (2012). Peneltian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, F. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar,

Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1): 76-82

Permata, Indah. (2009). Pengaruh Pemanfaatan Taman Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Ekosistem Melalui Pembelajaran Luar Ruang Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Ambarawa. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Hal.41-42

Purnomo, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 5(1): 56-69

Purnomo, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1): 67-68

Putri, C, (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013.Economic Education Analysis Journal, 2(2).

Rahayu, S.M & Sutama, S., (2016). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal VARIDIKA, 27(2), pp.123-129.

Rasyid, H., & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sianipar, S., (2012). Hubungan antara Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dan Komunikasi Interpersonal dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Swasta se-Kecamatan Sunggal. Disertasi UNIMED tidak dipublikasikan.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyo, G.H. (2007). “Ujian Nasional (UN): Harapan, tantangan, dan peluang”. Jurnal Wacana, 9(1): 79-106.

Wahyu, H. (2013). Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Klaten Disertasi tidak dipulikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i1.9289

Article Metrics

Abstract view : 328 times
PDF - 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.