Komparasi Karakteristik Butir Soal Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran IPA SMP

Dyah Febria Wardhani, Suratno Suratno, Aminuddin Prahatama Putra

Abstract


Karakteristik butir soal penting  diketahui agar mendapatkan umpan balik dan informasi yang berharga untuk  perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali butir-butir soal yang dikembangkan, sehingga pada masa-masa yang akan datang tes untuk mengukur hasil belajar yang dibuat dapat berfungsi sebagai alat ukur yang berkualitas tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik butir soal instrumen penilaian kognitif mata pelajaran IPA SMP hasil pengembangan pada setiap sekolah, setiap jenis kurikulum, dan setiap akreditasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis karakteristik butir soal menggunakan teori tes modern. Lokasi penelitian di Sekolah menengah pertama atau Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Banjar sesuai cluster sampling. Data berupa hasil komparasi karakteristik butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa item fit memiliki kategori baik pada semua kurikulum, tingkat kesulitan tes dan daya beda memiliki kategori baik, distribusi respon jawaban memiliki kategori tidak baik, reliabilitas item memiliki kategori baik, dan kualitas tes memiliki kategori cukup baik.

Keywords


Komparasi, Karakteristik, Item, Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D & Suyata, P. (2014). Karakteristik Soal UASBN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 57-65.

Embretson, S.E. & R.C. Daniel. (2008). Understanding and Quantifying Cognitive Complexity Level in Mathematical Problem Solving Items. Psychology Science Quarterly 50 (3), 328-344.

Isgiyanto, A. (2011). Analisis Data Ujian Nasional Matematika Berdasarkan Penskoran Model Rasch dan Model Partial Credit. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta, 43-52.

Kemendikbud. (2018). Penilaian HOTS. Dirjen GTK: Jakarta.

Malau, R.A. & Ratnaningsih, D.J. (2002). Penerapan Teori Respon Butir dalam Menentukan Karakteristik Butir Soal. Lembaga Penelitian Universitas Terbuka. Jakarta.

Miller. T. S. Chahine. R.A. Childs. (2010). Detecting Differential Item Functioning and Differential Step Functioning Due to Differences that Should Matter. Practical Assesment, Research and Evaluation 15 (10), 1-13.

Mulyana, K. (2007). Karakteristik Soal Tes Masuk SMP Negeri di Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 235-248

Nurung, M. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2008/2009 di Kota Kendari. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Prilantari, H. (2007). Pengembangan Bank Soal Keterampilan Proses IPA (Biologi) Kelas X Tingkat Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(10), 223-234.

Ratnaningsih, D.J. (2013). Analisis Butir Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahasiswa Universitas Terbuka Berdasarkan Teori Tes Modern. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 14 (2), 98-109.

Rogayah, S. & Ekaria. (2010). Evaluasi Taraf Sukar Butir Tes Matematika USM PMB STIS Tahun 2007/2008 dan Tahun 2008/2009 dengan Model Rasch. Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistik, UPPM-STIS, 2(1), 76-91.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sudiatmika, A.A.I.R; Rustaman, N.Y; Zainul, A. (2010). Komparasi Hasil Analisis Butir Soal Literasi Sains Budaya Bali Menggunakan Program Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 17(2): 111-117.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukor, N.S. K. Osman. T.M.T. Soh. (2013). Chemistry Test Item Development: Assesing Conceptual Understanding among Malaysian Students. Asian Social Science. 9 (16), 126-132.

Suminthono, B & Widhiarso, W. (2015a). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assesmen Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Suminthono, B & Widhiarso, W. (2015b). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Wardhani, D.F. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran IPA SMP di Kabupaten Banjar. Tesis. Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i2.9314

Article Metrics

Abstract view : 645 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.