Komparasi Karakteristik Butir Soal Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran IPA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D & Suyata, P. (2014). Karakteristik Soal UASBN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 57-65.
Embretson, S.E. & R.C. Daniel. (2008). Understanding and Quantifying Cognitive Complexity Level in Mathematical Problem Solving Items. Psychology Science Quarterly 50 (3), 328-344.
Isgiyanto, A. (2011). Analisis Data Ujian Nasional Matematika Berdasarkan Penskoran Model Rasch dan Model Partial Credit. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta, 43-52.
Kemendikbud. (2018). Penilaian HOTS. Dirjen GTK: Jakarta.
Malau, R.A. & Ratnaningsih, D.J. (2002). Penerapan Teori Respon Butir dalam Menentukan Karakteristik Butir Soal. Lembaga Penelitian Universitas Terbuka. Jakarta.
Miller. T. S. Chahine. R.A. Childs. (2010). Detecting Differential Item Functioning and Differential Step Functioning Due to Differences that Should Matter. Practical Assesment, Research and Evaluation 15 (10), 1-13.
Mulyana, K. (2007). Karakteristik Soal Tes Masuk SMP Negeri di Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 235-248
Nurung, M. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2008/2009 di Kota Kendari. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Prilantari, H. (2007). Pengembangan Bank Soal Keterampilan Proses IPA (Biologi) Kelas X Tingkat Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(10), 223-234.
Ratnaningsih, D.J. (2013). Analisis Butir Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahasiswa Universitas Terbuka Berdasarkan Teori Tes Modern. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 14 (2), 98-109.
Rogayah, S. & Ekaria. (2010). Evaluasi Taraf Sukar Butir Tes Matematika USM PMB STIS Tahun 2007/2008 dan Tahun 2008/2009 dengan Model Rasch. Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistik, UPPM-STIS, 2(1), 76-91.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Sudiatmika, A.A.I.R; Rustaman, N.Y; Zainul, A. (2010). Komparasi Hasil Analisis Butir Soal Literasi Sains Budaya Bali Menggunakan Program Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 17(2): 111-117.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukor, N.S. K. Osman. T.M.T. Soh. (2013). Chemistry Test Item Development: Assesing Conceptual Understanding among Malaysian Students. Asian Social Science. 9 (16), 126-132.
Suminthono, B & Widhiarso, W. (2015a). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assesmen Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.
Suminthono, B & Widhiarso, W. (2015b). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.
Wardhani, D.F. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran IPA SMP di Kabupaten Banjar. Tesis. Universitas Lambung Mangkurat.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i2.9314
Article Metrics
Abstract view : 645 timesPDF - 389 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.