Inovasi Pembelajaran Biologi Materi Morfologi Tumbuhan Berbasis Etnobiologi Bagi Peserta Didik
Abstract
Inovasi pembelajaran penting untuk dilakukan agar peserta didik senang belajar dan mudah memahami apa yang dipelajari. Sumber belajar peserta didik berbagai macam, tidak terbatas hanya dari pengajar, tetapi tersedia di sekitar peserta didik dimanapun mereka berada. Salah satu sumber belajar yang ada di sekitar sekolah peserta didik adalah tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan memiliki manfaat yang beranekaragam dan sangat penting bagi masyarakat, sebab itu peserta didik penting mengetahui dan memahami karakteristik tumbuhan. Pengenalan karakteristik tumbuhan dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan berdasarkan karakteristik dan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi yang dimulai dengan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta pemanfaatannya berdasarkan budaya masyarakat setempat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang memiliki lima ciri pokok karakteristik; (1) menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data yang dilakukan untuk menganalisis kebutuhan; (2) deskriptif analitik untuk pertimbangan menyusun LKPD berbasis etnobiologi; (3) implementasi LKPD berbasis etnobiologi hasil inovasi untuk memperoleh data yang penekanannya pada proses pembelajaran biologi berkenaan dengan pertanyaan apa yang dilakukan peserta didik, mengapa peserta didik melakukan proses pembelajaran menggunakan LKPD berbasis etnobiologi hasil inovasi, dan bagaimana cara peserta didik melakukannya. Peneliti tidak mengintervensi peserta didik dalam melakukan kegiatan agar data yang diperoleh sesuai keadaan sebenarnya; (4) penelitian bersifat induktif; (5) penelitian mengutamakan makna dari memperbaiki proses pembelajaran biologi di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran biologi berbasis etnobiologi pada materi morfologi tumbuhan mampu berkontribusi dalam memfasilitasi guru dan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan kemampuan afektif pada saat proses pembelajaran berlangsung yang dibuktikan melalui hasil kerja peserta didik, angket untuk peserta didik, lembar observasi pengamat, dan refleksi diri guru. Hasil proses pembelajaran dapat dicapai dengan sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chotimah, H. E. N.C., Kresnatita,S. & Miranda, Y. (2013). Ethnobotanical study and nutrient content of local vegetables consumed in Central Kalimantan, Indonesia. Journal of Biological Diversity 14(2): 106-111.
Damayanti, D.S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinami SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3(1), 5-62.
Muthmainah, Nurmiyati, Dwiastuti, S. (2016, Oktober). Biology, Science, Environment, and Learning. Proceeding Biology Education Conference. Surakarta: Biology Education Departement Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University.
Rini, R,Berti, Y., dan Aulia, S. (2018). Efektifitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik; Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5), 13-16.
Sunariyati, S., Suatma, Miranda, Y. (2017, Oktober). Development of Biology Practical Work in High School Based on Ethnobiology. Proceeding Biology Education Conference vol. 14(1):502, Oktober 2017. Surakarta: Seminar dengan tema “Biology, Science, Environment, and Learning”.
Tawil, M. & Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Tawil, M. & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Zubaidah, Mahanal, S., dan Yuliati, L. (2015). Ragam Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Kerjasama Pertamina dengan Universitas Negeri Malang (UM).
Zukmadini, Alif, Yanuar., Jumiarni, Dewi., Kasriana. (2018). Developing Antimicrobial Medicinal Plants Pocketbook Based on Local Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnics. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 4(2):95104. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/5436.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i1.9557
Article Metrics
Abstract view : 1061 timesPDF - 3565 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.