Analisis Kepraktisan Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Jenis Ikan Berbasis Penelitian Sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Zoologi Vertebrata Konsep Ikan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyi, F.K. Elvyanti, S. Gunawan, T. & Mulyana, E. (2013). Pengembangan bahan ajar pelajaran TIK SMP berbasis proyek. INVOTEC. 9(2) 87-96.
Alkatiri, I.J. (2012), Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual untuk Pembelajaran Kimia Materi Polimer sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas XII SMA/MA, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharmono & Mahrudin. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Berbasis Audiovisual mata kuliah Zoologi Vertebrata. Banjarmasin: Jurnal “Wahana Bio: IV. Pendidikan Biologi FKIP Unlam.
Dharmono. Mahrudin. & Riefani, M.K. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1 (2): 105-110
Fidiastuti, H.R. & Rozana, K.M. (2016). Developing Modul of Microbiology Subject Through Biodegradation by Using The Potencial of Indigen Bacteria. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2), 125-132.
Hardiansyah, Noorhidayati. & Mahrudin. (2016). Keragaman Vegetasi Pohon di Hutan Mangrove Desa Sungai Rasau sebagai Bahan Ajar Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Lahan Basah. Banjarmasin: Seminar Nasional Lahan Basah ULM.
Hardiansyah & Mahrudin. (2016). Keragaman Jenis Ikan Familia Bagridae Di Kawasan Rawa Kalang Desa Hakurung Daha Utara Hulu Sungai Selatan Sebagai Bahan Pengayaan Berupa Buku Ilmiah Populer Mata Kuliah Zoologi Vertebrata Konsep Pisces. Banjarmasin: Jurnal Wahana-bio. Pendidikan Biologi FKIP Unlam.
Mahrudin. & Dharmono. (2018). Pengembangan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Kawasan Tepi Sungai Maluka Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, Vol. 3 (2). 563-56. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Mahrudin, Kaspul, & Rezeki, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Konsep Populasi Mata Kuliah Ekologi Hewan Berbasis Hasil Penelitian “Struktur Populasi Bekantan (Narsalis Larvatus) di Pulau Curiak Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan”. Banjarmasin: Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah ULM.
Mustofa, A., & Cintamulya, I. (2017). Pengembangan Handout MateriBiologi SMP Berbasis Pendekatan Konsep pada Sistem dalam Kehidupan Manusia. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 591-597.
Nurdyansyah. & Nahdliyah, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa. Sidoarjo: Fakultas Agama Islam Muhammadiyah.
Pariris, A. A., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2018). The Need Analysis of Handout as A Teaching Material on Mycology Course about Antagonism between Molds at Biology Department State University of Malang. First International Conference on Science, Mathematics,and Education, (ICoMSE 2017) Advances in Social Science, Education and Humanities Research Atlantis Press: 218.
Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya. Vol 34 (2): 193-204.
Riefani M.K. & Arsyad, M. (2019). Bird species in Mangrove Ecotourism Mangrof Pagatan Besar, Tanah Laut Regency, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah 4 (1): 192-196.
Riefani, M.K. Badruzsaufari. & Dharmono. (2020). “The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course,”. Phys. Conf. Ser. Vol. 1422 (1). doi: 10.1088/17426596/1422/1/012028.
Septiani, K. S. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1):51-57. DOI https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Soendjoto, M. A. (2016). Sekilas Tentang Lahan-Basah dan Lingkungannya. In M. A. Soendjoto & Dharmono (Eds.), Prosiding Seminar Universitas Lambung Mangkurat 2015 “Potensi, Peluang, dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan Basah Secara Berkelanjutan” (Issue September, pp. 1–20). ULM PRESS.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: AFLABETA.
Sugiarti, S. Kaspul. & Mahrudin. (2018). Kerapatan Populasi Itik Benjut (Anas gibberifrons) Di Desa Sungai Rasau Kabupaten Tanah Laut Sebagai Buku Ilmiah Populer Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Hewan. Banjarmasin: Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah ULM.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Zunaidah, F.N. & Amin, M. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v13i1.9599
Article Metrics
Abstract view : 1061 timesPDF - 1307 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.