Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies

Mutiani Mutiani, M Faisal

Abstract


Abad ke-21 menghadapi masalah sosial yang kompleks. Oleh karena itu, kehidupan di abad ke-21 memerlukan berbagai keterampilan yang harus dikuasai. Konsepsi modal sosial dipahami sebagai kemampuan yang muncul dari kepercayaan umum di masyarakat. Kemampuan mengenai kemahiran dalam mengembangkan perbaikan masyarakat nilai-nilai normatif dan jejaring sosial. Sehingga diharapkan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menguasai keterampilan untuk menjadi kehidupan pribadi yang sukses. Diperlukan keterampilan dan modal sosial sebagai bentuk manifestasi dari sikap manusia moral. Artikel ini bertujuan untuk melihat pentingnya mengintegrasikan dua konsep utama dari keterampilan abad ke-21 dan modal sosial sebagai sikap dan perilaku terintegrasi warga (melekat pada peserta didik) untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas di era globalisasi.

Keywords


Skill Abad 21; Social Capital; Pendidikan IPS

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2015). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Baron, S., Tonkiss, F., Savage, M., Tampubolon, G., & Ward, A. (2000). Social capital Critical Perspectives. London: OUP Oxford.

Brown, B. (2015). Twenty First Century Skills: A Bermuda College Perspective. Voices in Education Student Success: A National Focus, 1, 58–68.

Coleman, J. S. (1990). Foundations of Social Theory (Revised ed.). Cambridge Mass : United States: Harvard University Press.

Darling-Hammond, L., & Foundation, G. L. E. (2008). Powerful learning: What we know about teaching for understanding. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Falk, I., & Harrison, L. (1998). Community Learning and Social Capital. Journal of Vocational Education and Training: The Vocational Aspect of Education, 50(4), 609–627.

Freire, P. (2001). Pedagogi Pengharapan.Diterjemahkan oleh Robert R. Barr. Yogyakarta: Kanisius.

Fukuyama, F. (1992). The End of History and the Last Man. New York: Free Press.

Fukuyama, F. (1995). Trust: The Social Virtues and the Creation of Prosperity. New York: Free Press.

Galbreath, J. (1999). Preparing the 21st Century Worker: The Link between Computer-based Technology and Future Skills Sets. Educational Technology, 39(6), 14–22.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin, A SAGE Publications Company.

Hasbullah, J. (2006). Social Capital (Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia). Retrieved from //pustaka.kebudayaan.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=5727&keywords=

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

King, F.J., Goodson, L., M.S., & Rohani, F. (2010). Higher Order Thinking Skills. Assessment dan Evaluation Educational Service Program.

Lesser, E. (2000). Knowledge and Social Capital: Foundation and Application. Butterworth-Heinemann.

Lickona, T. (2012). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues (Original ed. edition). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Matsumoto, D. (2008). Culture and Psychology 4th (fourth) edition. Canada: Thomson Wadsworth.

Mutiani, M. (2016). Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 6 Banjarmasin. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456

Mutiani, M. (2018, September 19). Literasi Budaya Lokal Sebagai Wahana Edukasi Di Era Milenial. Presented at the SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS 2018 Tema “Adopsi dan Adaptasi ICT dalam Pembelajaran IPS Bagi Generasi Milenial,” Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri malang. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/6425/

Rivai, V., & Sagala, E. J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Learning 21st-Century Skills Requires 21st-Century Teaching. Phi Delta Kappan, 94(2), 8–13. https://doi.org/10.1177/003172171209400203

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Singer, A. J. (2009). Social Studies for Secondary Schools: Teaching to Learn, Learning to Teach, 3rd edition - PDF Free Download. Retrieved from https://epdf.pub/social-studies-for-secondary-schools-teaching-to-learn-learning-to-teach-3rd-edi.html

Somantri, M. N., Mulyana, R., & Supriadi, D. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS : memandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M.SC. Guru Besar Senior PPS dan FPIPS UPI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco, CA, US: Jossey-Bass.

Wahab, A. A. (2008). Metode dan model-model mengajar: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Retrieved from http://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=492130




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License