The Development of Geography Textbook: A Combination of Content and Pedagogy

Akhmad Munaya Rahman, Faisal Arif Setiawan, Iskandar Iskandar

Abstract


Penggunaan buku teks dalam pembelajaran memiliki peran yang penting bagi guru dan peserta didik. Buku teks bagi guru berisi sumber pesan, keterangan, dan informasi mengenai ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan rujukan mengajar atau isi yang harus disampaikan kepada peserta didik. Peserta didik menggunakan buku teks sebagai sumber belajar utama yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, isi buku teks mengandung konten materi keilmuan dan pedagogi yang mampu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Desain pengembangan buku teks menggunakan model Dick & Carey yang disederhanakan menjadi lima langkah yaitu; tahap pertama: menentukan SK, KD, dan Indikator pada silabus geografi kelas XII, tahap kedua: menganalisis materi pembelajaran, tahap ketiga: pengembangan dan penyusunan buku teks geografi, tahap keempat: validasi buku teks, meliputi tanggapan ahli isi/materi, ahli bahasa, ahli desain pembelajaran, uji coba kelompok kecil dan lapangan, dan tahap kelima: revisi produk buku teks geografi. Berdasarkan tanggapan validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan lapangan menunjukkan hasil pengembangan buku teks mendapat respon yang positif dan layak untuk digunakan.


Keywords


Buku Teks Geografi, Konten, Pedagogi

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Geografi SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

BSNP. (2013). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction. New York: Addison-Wesley Educational Publications Inc.

Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran (Cet.ke-1). Retrieved from http://scholar.google.com/scholar?cluster=7127360248527218750&hl=en&oi=scholarr

Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 11 Tahun 2015 Tentang Tentang Buku Teks Pelajaran. Pemerintah Republik Indonesia.

Purwanto, E. (2007). Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Geografi. Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Purwanto, E. (2010). Problematika Pembela¬jaran Geografi (Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Geografi pada Fakultas Ilmu Sosial). Retrieved from http://library.um.ac.id/images/stories/pidatogurubesar/gurubesar/Juni10/Problematika%20Pembelajaran%20Geografi%20-%20Prof%20Dr%20Edy%20Purwanto%20M%20Pd.pdf

Pusat Perbukuan. (2005). Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, SMP, dan SMA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Rahman, A. M., Budijanto, B., & Susilo, S. (2016). PENGEMBANGAN BUKU TEKS GEOGRAFI SMA/MA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS POLA PERSEBARAN DAN INTERAKSI SPASIAL DESA DAN KOTA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1110–1114. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6454

Sumarmi. (2001). Pencitraan Buku teks Geografi SMU Berdasarkan Kurikulum 1994. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Sunarko. (2004). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Berbasis Kontekstual (CTL). Makalah Seminar Jurusan Geografi UNNES Semarang.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.