Hybrid Model-Based Learning Learning in Welcome Era Industrial Revolution 4.0

Siti Nurul Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dan informasi kepada dunia pendidikan mengenai model pembelajaran yang efektif dan interaktif dalam menyongsong masa revolusi industri 4.0. Fokus penelitian ini adalah dengan adanya model pembelajaran berbasis hybrid learning. Model pembelajaran yang menggabungkan atau menyatukan antara pembelajaran secara  online dengan pembelajaran secara bertatap muka dengan peserta didik, karena dalam masa revolusi industri 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi informasi sebagai media utama dalam kehidupannya. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis Hybrid Learning  efektif digunakan dalam pengajaran di kelas pada dunia pendidikan di masa revolusi 4.0 ini, karena metode ini adalah metode yang menggabungkan 2 cara yaitu pengajaran dengan online dan tatap muka, yang mana dalam era revolusi industri 4.0 lebih mengedepankan teknologi atau era big data. Maka dari itu guru maupun dosen perlu berinovasi dalam menyongsong masa revolusi industri 4.0 dengan model pembelajaran yang efektif dan interaktif seperti Hybrid Learning.

Keywords


Model Pembelajaran; Hybrid Learning; Era Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Boyle, T., Bradley, C., Chalk, P., Jones, R., & Pickard, P. (2003). Using Blended Learning to Improve Student Success Rates in Learning to Program. Journal of Educational Media, 28(2–3), 165–178. https://doi.org/10.1080/1358165032000153160

Charles R. Graham, & Kaleta, R. (2002). Introduction to Hybrid Learning. Teaching with Technology Today. In The Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs.

Ghiffar, M. A. N., Nurisma, E., Kurniasih, C., & Bhakti, C. P. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi Matappa Pangkep, 1(1), 85–94.

Petre Neumeir. (2005). A closer look at blended learning—Parameters for designing a blended learning environment for language teaching and learning. Cambridge University Press, 17(2), 163–178. https://doi.org/10.1017/S0958344005000224

Rizaldy, D., Kristi Dese Imanuel Adi Papa Yohanes, & Huda, S. (2018). Metode Pembelajaran Blended Learning Sebagai Solusi dalam Menghadapi Reposisi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi, 270–276.

Tsai, A. (2011). A Hybrid E-Learning Model Incorporating Some of the Principal Learning Theories. Social Behavior and Personality: An International Journal, 39, 145–152. https://doi.org/10.2224/sbp.2011.39.2.145




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License