Religious Activities at Sultan Suriansyah Mosque, Banjarmasin

Ersis Warmansyah Abbas, Heru Puji Winarso, Noor Meilina

Abstract


Masjid Sultan Suriansyah merupakan simbol masuknya Islam ke Banjarmasin. Hubungan masyarakat Banjar dengan Masjid Sultan Suriansyah tidak akan bisa terhapus begitu saja, meskipun telah bermunculan masjid besar lain di wilayah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas masyarakat, khususnya aktivitas keagamaan yang dilakukan di Masjid Sultan Suriansyah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu mengecek kesesuaikan hasil observasi dengan wawancara juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai aktivitas keagamaan yang berlangsung di Masjid Sultan Suriansyah. Aktivitas tersebut ada yang dilakukan rutin dalam setiap harinya dan adapula aktivitas keagamaan yang berlangsung sesuai dengan periode waktu tertentu. Bentuk aktivitas yang dilakukan diantaranya Shalat, Ceramah dan Pengajian, TPA, Baayun Maulid, Sunatan, Pemotongan Hewan Kurban, dan Pengumpulan Zakat.


Keywords


Religious Activities, Communities, Mosque.

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Masyarakat Dan Kebudayaan Banjar Sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Transformasi Nilai-Nilai Budaya Banjar Melalui Ajaran dan Metode Guru Sekumpul (Thesis (Bachelor)). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Bambang, B. (2010, April 30). BUDAYA NON MATERIAL MASYARAKAT BANJAR. Retrieved January 1, 2020, from Sungai dan Kehidupan website: https://subiyakto.wordpress.com/2010/04/30/budaya-non-material-masyarakat-banjar/

Barsihanor, B. (2016). TRADISI BASUNAT BAGI KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT BANJAR OLEH. International Conference On Social and Intellectual Transformation of the Contemporary Banjarese, 9–11. Banjarmasin: UIN Antasari.

Darodjat dan Wahyudiana. (2014). Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam. Jurnal ISLAMADINA, Volume XIII, No. 2, Juli 2014: 1-13.

Djam’an Satori, & Aan Komariah. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hafidhuddin, Didin. (2003). Islam Aplikatif, Jakarta: Gema Insani Press.

Hidayat, A. N. (2017). Pendidikan Islam Nonformal di Masjid Sultan Suriansyah Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin (Thesis (Bachelor)). Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Banjarmasin.

Ideham, M. S., Syarifuddin, Anis, M. Z. A., & Wajidi. (2015). Urang Banjar dan kebudayaannya. Penerbit Ombak.

Idi, Abdullah dan Sukarto, Toto. (2006). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Khairulisa, N. (2017). Masjid Sultan Suriansyah sebagai Simbol Dimulainya Pergerakan Islam di Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Heritage IPLBI 2017, 1, A, 399–402. https://doi.org/10.32315/sem.1.a399

Miles, Mathew B., Tjetjep Rohendi Rohidi, Mulyarto, & Huberman, A. Michael. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Rochgiyanti, -. (2011). FUNGSI SUNGAI BAGI MASYARAKAT DI TEPIAN SUNGAI KUIN KOTA BANJARMASIN. KOMUNITAS: INTERNATIONAL JOURNAL OF INDONESIAN SOCIETY AND CULTURE, 3(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2293

Rosyida, D. A. (2016). Hubungan Agama dan Kearifan Lokal terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin, 1–39.

Soelaiman, M. I., & Soelaiman, M. I. (1988). Suatu telaah tentang manusia-religi-pendidikan. 1. PENDIDIKAN, ILMU
2. PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT,Suatu Telaah Tentang Manusia-Religi-Pendidikan / M.I. Soelaeman, 1988(1988), 1–99. https://doi.org/1988

Soekanto, Soerjono. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Syaharuddin. (2015). TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEJUANGAN MASYARAKAT BANJAR PADA PERIODE REVOLUSI FISIK (1945-1950) DI KALIMANTAN SELATAN (STUDI ETNOPEDAGOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPS) (Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.