The Form of Social Interaction of Cempaka Diamond Miners as a Learning Resources on Social Studies

Ahmad Maulana, Bambang Subiyakto, Mutiani Mutiani

Abstract


Interaksi sosial terbagi menjadi interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatif sifatnya mengarah kepada kegiatan positif, sedangkan disosiatif sifatnya lebih kepada pertentangan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan interaksi sosial penambang intan Cempaka Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik mendapatkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat direduksi, disajikan dalam bentuk narasi yang dilengkapi gambar dan tabel analisis materi yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi antara penambang dan pembelantik bentuk interaksi berupa berupa Kerjasama (usaha bersama), Akomodasi (toleransi), Kerjasama (tawar-menawar). Hal ini sejalan dengan materi IPS kelas VII tema dua mengenai interaksi sosial dan bisa dimasukkan sebagai sumber belajar IPS.


Keywords


Bentuk interaksi, Penambang, Sumber belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan. http://eprints.ulm.ac.id/8232/

Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2020). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education “Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning.” http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Abdullah, R. (2012). PEMBELAJARAN BERBASIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Rajawali Pers. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/74394

Ibrahim, J. T. (2003). Sosiologi Pedesaan. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

John W. Creswell. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed: Vol. XXV. Pustaka Pelajar. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=15

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1369

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi (Vol. 103). PT Remaja Rosdakarya.

Mutiani, M. (2015). PEMANFAATAN PUISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

NN. (2018). Laporan Kelurahan Sungai Tiung.

Norhayati, N., Abbas, E. W., & Putra, M. A. H. (2019). Social Interaction Pattern Jelai Riverbanks South Basirih. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1258

Smaldino, P. E. (2019). Social identity and cooperation in cultural evolution. Behavioral Processes, 161, 108–116. https://doi.org/10.1016/j.beproc.2017.11.015

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2006). Sosiologi Pengantar. CV Rajawali.

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Raja Grafindo Persada.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Subiyakto, B., Mutiani, M., Faisal, M., & Mutaqin, M. A. (2020). Social Interaction of Jukung Craftsmen in Pulau Sewangi, Alalak, Barito Kuala. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 102–110. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2023

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.