Improving the Quality of Learning Through Academic Supervision (Study in SMP Negeri 14 Banjarbaru)

Aidil Abdi Rachman

Abstract


Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di antaranya dengan supervisi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi akademik yang dilakukan di SMP Negeri 14 Banjarbaru dengan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dalam kerangka meningkatkan motivasi guru dalam menyusun administrasi mengajar. Empat tahap pelaksanaan : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru serius dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/RPP dengan peningkatan rata-rata dalam penyusunan administrasi mengajar sebesar 27, 91%. Berdasarkan observasi terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengajar dari siklus ke siklus dengan peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17, 91%.


Keywords


Mutu Pendidikan, Supervisi Akademik, dan Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/4172/

Abbas, E. W. (2020). MANAGING INFORMATION SYSTEMS BY INTEGRATING INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL AND THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY. Polish Journal of Management Studies. https://pjms.zim.pcz.pl/resources/html/article/details?id=196828

Ametembun, N. (1993). Supervisi Pendidikan. Bandung: Suri.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas.

Aunurrahman, A. (2009). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Cetakan : ke-1). BUMI AKSARA. https://bumiaksaraonline.com/metode-penelitian-kualitatif-teori-dan-praktik.html

Harahap, B. (1983). Supervisi pendidikan yang dilaksanakan oleh guru, kepala sekolah, penilik dan pengawas sekolah. Jakarta: Damai Jaya.

Somad, R., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono, N. (2006). Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual: Berdasarkan" Sisko" 2006. Grasindo.

Sudin, A. (2008). Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Se Kabupaten Sumedang. pendidikan-dasar, 15. http://jurnal.upi.edu/pendidikan-dasar/view/103/Implementasi Supervisi Akademik TerhadapProses Pembelajaran di Sekolah DasarSe Kabupaten Sumedang

Suharsimi, A. (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi. Kelima. Rineka Cipta.

Suhayati, I. Y. (2013). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6435

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.