The Lesson Planning of Social Studies Learning in SMPN 1 Banjarbaru

Dina Mardiana, Ersis Warmansyah Abbas, Mutiani Mutiani

Abstract


Perencanaan pembelajaran erat kaitannya dalam upaya peningkatan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru mengacu kepada kurikulum berbasis kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dalam kerangka kurikulum 2013. Lokasi penelitian di SMPN 1 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data didapat melalui triangulasi sumber dan teknik, perpanjangan pengamatan, serta menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran terdokumentasi dalam RPP yang dibuat dengan acuan silabus Kurikulum 2013. Implementasi RPP pada pembelajaran IPS di SMPN 1 Banjarbaru dilakukan di kelas IX I dalam tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dimana guru melaksanakan perannya sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan evaluator. Tetapi, terdapat beberapa kendala saat pembelajaran dimana pemanfaatan konteks lokal kurang dieksplorasi, serta pemaparan materi yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dan media belajar kurang maksimal.


Keywords


Perencanaan, RPP, dan Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/4172/

Abbas, E. W. (2020). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education “Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning.” http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Abdullah, R. (2012). PEMBELAJARAN BERBASIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Al-Ma’ruf, A. I. (2007). PEMBELAJARAN SASTRA MULTIKULTURAL DI SEKOLAH: APLIKASI NOVEL BURUNG-BURUNG RANTAU. Kajian Linguistik Dan Sastra, 19(1), 60–75. https://doi.org/10.23917/kls.v19i1.4410

Aunurrahman, A. (2009). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.

Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Rajawali Pers. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/74394

Djam’an Satori, & Aan Komariah. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

John W. Creswell. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed: Vol. XXV. Pustaka Pelajar. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=15

Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian: Kualitatif–Kuantitatif. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1621/

Lexy, J. M. (2002). Metode penelitian kualitatif. Rosda Karya.

Mulyasa, E, Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2017). Revolusi dan inovasi pembelajaran sesuai standar proses. PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, Enco. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Rusman, R. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sudaryono, N. (2006). Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual: Berdasarkan" Sisko" 2006. Grasindo.

Supardan, D. (2014). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi, Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Wahidmurni, W. (2017). Metodologi pembelajaran IPS: Pengembangan standar proses pembelajaran IPS di sekolah/madrasah (R. Rose, Ed.). Ar-Ruzz Media. http://repository.uin-malang.ac.id/4634/

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.