The Strengthening of Discipline Value in Education Training Activities in Rindam VI/Mulawarman as a Learning Resources on Social Studies

Hermansyah Hermansyah, Syaharuddin Syaharuddin, Mutiani Mutiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai disiplin pada aktivitas pelatihan pendidikan di Rindam VI/Mulawarman dan signifikansinya dalam pembelajaran IPS di sekolah sebagai sumber belajar. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu; observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Model Miles dan Hubermen dipilih untuk menganalisis data dengan tahapan; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan waktu pengamatan, triangulasi, member check sehingga menghasilkan data jenuh. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa nilai disiplin pada aktivitas pelatihan pendidikan di Rindam VI/Mulawarman dapat dilihat bahwa peserta didik mematuhi aturan dan tata tertib, ketepatan waktu, menjaga kebersihan, dan berpakaian rapi. Nilai disiplin tersebut memiliki signifikansi dalam pendidikan IPS dalam menjadikan warga negara yang baik dengan diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS di sekolah.


Keywords


Nilai Disiplin, Rindam VI/ Mulawarman, dan Sumber Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education “Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning.” http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Afiani, Y. E., Sumarto, S., & Munandar, M. A. (2016). PENANAMAN KEDISIPLINAN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMA N 1 KUTOWINANGUN. Unnes Civic Education Journal, 2(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej/article/view/1021

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Cetakan : ke-1). BUMI AKSARA. https://bumiaksaraonline.com/metode-penelitian-kualitatif-teori-dan-praktik.html

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.14758

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media. https://elibrary.perpusda-cilacap.com/opac/detail-opac?id=23518

Mumpuni, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013. Deepublish.

Mutiani, M. (2015). PEMANFAATAN PUISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pratama, Y. W., Gutami, B., & Saadah, N. (2016). PELAKSANAAN UNDANG - UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2014 TENTANG HUKUM DISIPLIN MILITER DI LINGKUNGAN KOMANDO RESORT MILITER 081/DHIROTSAHA JAYA. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1–17.

Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (22 ed.). Alfabeta.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Suradi, S. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 522–533. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, & Budimansyah, D. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.