Social Services in The Sosial Home Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru
Abstract
Pelayanan sosial di panti sosial Tresna Werdha berpusat pada lima tahapan pelaksanaan pelayanan sosial. Hal ini dikarenakan panti sosial Tresna Werdha (PSTW) mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh panti sosial lainnya dengan memberikan pelayanan sosial kepada lanjut usia yang mempunyai spesifik berbeda antara satu dengan yang lainnya, baik yang berkaitan dengan tingkah laku masing-masing individu, fisik dan kemampuan karena faktor usia yang dialami oleh lanjut usia pada umumnya secara terus menerus sampai lanjut usia merasa cukup untuk tinggal di panti atau sampai akhir hidup mereka. Sejalan dengan konsep pelayanan sebagai aktivitas dan keterkaitannya dengan sumber pembelajaran IPS. Pendekatan kualitatif digunakan dalam pendekatan ini dengan menggunakan metode deskriptif dan data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di tempat penelitian. Data yang didapat direduksi, disajikan dalam bentuk narasi yang dilengkapi dengan gambar dan tabel yang selanjutnya dapat ditarik kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sosial yang ada di panti sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru adalah satu langkah untuk memberikan bantuan kepada lanjut usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing lanjut usia yang dijalankan berdasarkan rencana dan terus berlanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan. http://eprints.ulm.ac.id/8232/
Abbas, E. W. (2020). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528
Adi, I. R. (2008). Intervensi komunitas: Pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Rajawali Pers (Rajagrafindo Persada).
Adi, I. R. (2018). Kesejahteraan sosial: Pekerjaan sosial, pembangunan sosial, dan kajian pembangunan : suatu pengantar. Rajawali Pers. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/kesejahteraan-sosial-pekerjaan-sosial-pembangunan-sosial-dan-kaji
Desiyanti, P. (2018). PERANAN PEKERJA SOSIAL DALAM PELAKSAAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DI BADAN PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT ABIYOSO, SLEMAN DIY (STUDI KASUS: KEMANDIRIAN LANJUT USIA). Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah - S1, 7(1), 63–76.
Isra, N. (2015). Peran Panti Sosial dalam Penanganan Lanjut Usia (Studi Kasus pada Sosial Tresna Werdha Gua Mabaji Kabupaten Gowa) [Diploma, UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1329/
Mustarim, W. (2018). Panti Sosial Tresna Wreda di Makassar dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku [Laporan Penelitian]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12663/
Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Pemerintah Kalimantan Selatan. (2011). Pedoman Pelayanan dan Pembinaan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia. Pemerintah Kalimantan Selatan. http://www.bphn.go.id/data/documents/12pmsos019.pdf
Purba, J. (2002). Pengelolaan Lingkungan Sosial. Yayasan Obor Indonesia.
Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252
Putro, H. P. N., & Jumriani, J. (2020). KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI A SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8238/
Riskiyahyuhara. (2013, November 28). Definisi perencanaan menurut para ahli. Yuharariskiyah. https://yuharariskiyah.wordpress.com/2013/11/28/definisi-perencanaan-menurut-para-ahli/
Soekanto, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Rajawali Pers.
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2018). Laporan Penelitian: Nilai Sosial Syaikh Abdurrahman Shiddiq Sebagai Sumber Belajar IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sulastri, L. (2014). Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik. La Goods Publishing.
Syaharuddin. (2015). TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEJUANGAN MASYARAKAT BANJAR PADA PERIODE REVOLUSI FISIK (1945-1950) DI KALIMANTAN SELATAN (STUDI ETNOPEDAGOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPS) [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Wahda, B. A. (2012). Assesment (Pengungkapan dan Pemahaman Masalah). (2012, November 26). Assesment (Pengungkapan Dan Pemahaman Masalah) ~ DUPETRO. http://wahdadupetro.blogspot.com/2012/11/assesment-pengungkapan-dan-pemahaman.html
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License