The Influence of Social Capital on Skills Social Cooperation (Study on the Organization of Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus)

Rasyidah Olfah, Syaharuddin Syaharuddin, Mahmudah Hasanah

Abstract


Persaingan dalam lingkup global semakin ketat sehingga setiap orang dituntut untuk mempunyai keterampilan agar mampu terjun ke dunia pekerjaan. Keterampilan yang harus dimiliki yaitu keterampilan hard skilll dan soft skill salah satunya adalah kerjasama. Kerjasama dapat dilakukan melalui sebuah organisasi, serta dianggap sebagai wadah untuk mendapat sumber daya yang baru.  Penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif persentase digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh modal sosial terhadap kerjasama dalam organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian angket kepada sampel penelitian yaitu anggota pengurus OSDA sejumlah 156 orang, dokumentasi serta wawancara dan melihat secara langsung proses kerjasama pada OSDA. Selanjutnya dilakukan uji instrumen melalui uji validitas dan reliabilitas. Setelah itu pada tahap uji prasyarat analisis penelitian dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji distribusi persentase dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kriteria pengujian HO diterima apabila r hitung < r tabel, karena analisis r hitung  > r tabel = 0,676 > 0,157 sehingga hipotesis ditolak (Ho) dan hipotesis diterima (Ha). Adapun untuk signifikan 0,000 < 0,005 jadi dapat disimpulkan bahwa modal sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kerjasama santriwati dalam organisasi santri Darul Hijrah putri Cindai Alus.


Keywords


Modal Sosial; Keterampilan Sosial; Kerjasama Abad 21; Social Capital

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2020). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Field, J. (2010). Modal sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Hamsah, -. (2016). PENGEMBANGAN MODAL SOSIAL DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM MAKASSAR TIDAK RANTASA [Masters, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://doi.org/10/T_PS_1403032_Appendix.pdf

Hasanah, M. (2012). PENGARUH KOMPETENSI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN [Thesis, Universitas pendidikan indonesia]. http://repositori.upi.edu

Indrastoeti, J., & Mahfud, H. (2015). PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 140–151. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1325

Kadafi, M. (2010). Pentingnya Kerjasama Tim dan Orientasi Hasil Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Eksis, 6(2), 1440–1605.

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Pratiwi, D. A. (2017). Hubungan Modal Sosial Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Alfabeta.

Sundawa, D., & Rahyasih, Y. (2018). Membangun guru IPS yang berkarakter melalui penerapan strategi pembelajaran abad ke 21.

Syani, A. (2007). Sosiologi skematika, teori, dan terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.

ABBAS, E. W. (2014, Mei 1). Biografi Propetik Guru Sekumpul (Transformasi Nilai-Nilai Budaya Banjar dalam Pendidikan Karakter). Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. http://eprints.ulm.ac.id/8567/

Winardi, J. (2006). Teori organisasi dan pengorganisasian. Raja Grafindo Persada. repository.unpar.ac.id/handle/123456789/1676

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. 21(10).




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License