The Caring Attitudes for Environment of Lanting Householders as a Learning Resource on Social Studies

Rahmad Rizaldi Ahya, Syaharuddin Syaharuddin, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Sikap peduli lingkungan merupakan satu aspek yang penting untuk diajarkan kepada kepada peserta didik, untuk menumbuhkan pemahaman kepada peserta didik mengenai lingkungan, sehingga mereka memiliki sikap untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan. Pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menanamkan sikap peduli lingkungan kepada peserta didik, melalui pemanfaatan sumber belajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan sikap peduli lingkungan masyarakat di rumah lanting, serta keterkaitannya sebagai sumber belajar IPS.. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara di lingkungan masyarakat penghuni rumah lanting. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat penghuni rumah lanting. Analisis data yang digunakan  reduksi data, kemudian penyajian data, dan terakhir yaitu verifikasi. Uji keabsahan data  menggunakan triangulasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat empat sikap peduli lingkungan penghuni rumah lanting, yaitu (1)tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, (2) menggunakan produk ramah lingkungan, (3) melakukan kebersihan lingkungan sekitar rumah lanting, (4) mendaur ulang sampah. Sikap peduli lingkungan penghuni rumah lanting dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS pada materi keragaman etnik dan budaya, dinamika interaksi manusia dengan lingkungan, dan interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial, budaya, dan ekonomi.


Keywords


Sikap Peduli Lingkungan, Rumah lanting, dan Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2018, Mei 1). Kehidupan Sungai Masyarakat Kuin Kota Banjarmasin. Kehidupan Sungai Masyarakat Kuin Kota Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. http://eprints.ulm.ac.id/6911/

Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2020). Ecotourism of Martapura River Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 111-119.

Abbas, E. W., Hidayat Putra, M. A., & Noor Handy, M. R. (2019). Laporan Penelitian: PEMANFAATAN EKOWISATA SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8242/

Abbas, E. W., Subiyakto, B., Mutiani, M., Jamaluddin, J., & Syahrin, M. A. (2017). Kehidupan Sosial Santri di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. Kehidupan Sosial Santri di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. http://eprints.ulm.ac.id/5122/

Daryanto, B. (2016). Rumah Lanting: Rumah Terapung Diatas Air Tinjauan Aspek Tipologi Bangunan. INFO-TEKNIK, 5(2), 73–82. https://doi.org/10.20527/infotek.v5i2.1663

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1369

Ma’nawiyah, M., Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2019). IMPLEMENTASI NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7230

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Nur, F. M. (t.t.). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Sd Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. penelitian-pendidikan, 243. Diambil 28 Agustus 2020, dari http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1393/pemanfaatan-sumber-belajar-dalam-pembelajaran-sains-kelas-v-sd-pada-pokok-bahasan-makhluk-hidup-dan-proses-kehidupan.html

Putro, H. P. N., & Jumriani, J. (2020). KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI A SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8238/

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151–158. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2053

Rusmana, N. E., & Akbar, A. (2017). PEMBELAJARAN EKOLITERASI BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL, 1(1), Article 1. https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/12

Sapriya, P. I. (2012). Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N., Mulyana, R., & Supriadi, D. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS : memandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M.SC. Guru Besar Senior PPS dan FPIPS UPI. PT. Remaja Rosdakarya.

Subiyakto, B. (2018). Laporan Penelitian: Eksplorasi Nilai Pendidikan Masyarakat Desa Sungai Rangas Ulu Kabuoaten Banjar Sebagai Sumber Belajar IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8968/

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Syaharuddin, S., Hidayat Putra, M. A., & Susanto, H. (2019). Nilai Budaya Manyambang Masyarakat Desa Lok Baintan Dalam Sebagai Sumber Belajar IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8239/

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.