The Social Science Contribution Through Social Studies Learning

Mariati Mariati, Ersis Warmansyah Abbas, Mutiani Mutiani

Abstract


Ilmu sosial mempunyai peranan penting dalam pengembangan kajian pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), diantaranya seperti geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi, psikologi, antropologi, dan politik. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan bagaimana keterkaitan ilmu sosial dalam pengembangan kajian pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa studi literatur. Strategi penelusuran data menggunakan berbagai buku, ebook, dan jurnal melalui platform google scholar dengan penelusuran melalui kata kunci terpilih. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bidang ilmu sosial memiliki keterkaitan dalam kajian pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Materi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) didasarkan atas dukungan konsep dari disiplin ilmu sosial, dalam bentuk tema-tema yang relevan dengan tujuan pembelajaran IPS diantaranya: waktu, keberlanjutan dan perubahan, manusia tempat dan lingkungan, produksi distribusi dan konsumsi, individu masyarakat dan institusi, budaya dan keragaman budaya, kekuasaan kewenangan dan pemerintahan, perkembangan individu dan identitas. Ilmu sosial berkontribusi untuk pengembangan program pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).


Keywords


Ilmu Sosial; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; Studi Literatur; IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2019, January 11). P.M. Noor’s Dedication as Resource for Teaching and Learning of Social Studies. Konvensyen Kebangsaan Sekolah Kluster Kecemerlangan 2017 “Kelestarian Kecemerlangan Pendidikan Abad ke-21,” Konvensyen. http://eprints.ulm.ac.id/4963/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Abbas, E. W., Wahyu, W., Sofyan, A., Sarbaini, Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2016). Pendidikan Karakter. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/1177/

Astawa, I. B. M., & Bagus, I. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Bintarto, R. (1989). Geografi Sosial (Cetakan Kedua).

Effendi, R. (2012). Perspektif Dan Tujuan Pendidikan IPS. Modul Pengembangan Pendidikan IPS: UPI Bandung.

Hasoloan, J. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Deepublish.

Hati, S. T. (2018). HUBUNGAN ANTARA ILMU-ILMU SOSIAL DAN IPS (SUMBER DAN MATERI IPS). IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), Article 1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/2924

Karim, A. (2014). SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN. FIKRAH, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.563

Karim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). -. http://repository.iainkudus.ac.id/2130/

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Kencana.

Maxim, G. W. (2013). Dynamic social studies for constructivist classrooms: Inspiring tomorrow’s social scientists. Pearson Higher Ed.

Muchtar, S. A. (2015). Epistemologi Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Mutiani, M. (2015). PEMANFAATAN PUISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin) [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8289/

Nasih, M., Abbas, E. W., & Syaharuddin, S. (2019). NILAI-NILAI HAUL GURU SEKUMPUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7226

National Council For Social Studies (NCSS). (1994). Curriculum Standards For Social Studies: Expectations Of Excellence. National Council For Sosial Studies (NCSS).

National Council For Social Studies (NCSS). (2000). Curriculum Standards For Social Studies: Expectations Of Excellence. National Council For Sosial Studies (NCSS).

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman A. M., M. P. (2012). REVITALISASI PERAN PEMBELAJARAN IPS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Cakrawala Pendidikan Edisi Dies 2010. https://eprints.uny.ac.id/3554/

Sina, P. G. (2012). ANALISIS LITERASI EKONOMI. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223

Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/8wcb9

Susiloningsih, W. (2020). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Tirtarahardja, U., & La Sulo, S. (2016). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats