21st-Century Skills and Social Studies Education

Aslamiah Aslamiah, Ersis Warmansyah Abbas, Mutiani Mutiani

Abstract


Karateristik Abad 21 ditandai dengan adanya berbagai perubahan pada aspek ekonomi, transportasi, teknologi, komunikasi, dan informasi sebagai dampak globalisasi. Oleh karena itu, individu atau kelompok memerlukan keterampilan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas dan Inovasi. Tujuan penulisan ini mendeskripsikan keterkaitan pendidikan IPS untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Penulisan ini menggunakan studi literatur dengan memanfaatkan jurnal ilmiah, ebook, serta Undang-Undang yang dituangkan dalam hasil penulisan. Hasil penelitian memastikan bahwa pendidikan IPS memiliki keterkaitan dalam mengembangkan keterampilan di abad 21 sebagaimana tujuan Pendidikan IPS untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial, dan mampu mengatasi suatu permasalahan baik yang terjadi pada dirinya sendiri maupun masyarakat. Pengembangan keterampilan Abad 21 melalui pendidikan IPS dapat dilakukan melalui berbagai model atau metode pembelajaran IPS yang relevan dengan keterampilan Abad 21 sehingga pendidikan IPS mampu menghasilkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan abad 21.


Keywords


Abad 21; Keterampilan Abad 21; Pendidikan IPS.

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2019, January 11). P.M. Noor’s Dedication as Resource for Teaching and Learning of Social Studies. Konvensyen Kebangsaan Sekolah Kluster Kecemerlangan 2017 “Kelestarian Kecemerlangan Pendidikan Abad ke-21,” Konvensyen. http://eprints.ulm.ac.id/4963/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Abbas, E. W., Wahyu, W., Sofyan, A., Sarbaini, Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2016). Pendidikan Karakter. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/1177/

Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). IMPLEMENTASI DIGITAL-AGE LITERACY DALAM PENDIDIKAN ABAD 21 DI INDONESIA. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), 113-120–120.

Arnyana, I. B. P. (2019). PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C(COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING DANCREATIVE THINKING) UNTUKMENYONGSONG ERA ABAD 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i–xiii.

Mahanal, S. (2014). PERAN GURU DALAM MELAHIRKAN GENERASI EMAS DENGAN KETERAMPILAN ABAD 21*). Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo.

Mutiani, M. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Divergen Melalui Kesadaran Lingkungan dalam Pembelajaran IPS. International Seminar The Social Studies Contribution to Reach Periodic Enviromental Education into Stunning Generation 2045 Proceedings SEE EXPO Social Studies Olimpiade-Workshop for Eco-School. http://eprints.ulm.ac.id/5131/

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st-Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin) [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8289/

Nasih, M., Abbas, E. W., & Syaharuddin, S. (2019). NILAI-NILAI HAUL GURU SEKUMPUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7226

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Redhana, I. W. (2019). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824

Sani, R. A. (2014). PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. In Y. S. Hayati (Ed.), Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara. http://digilib.unimed.ac.id/1630/

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). ANALISIS KARAKTERISTIK SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN: SEBUAH STUDI LITERATUR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Somantri, M. N., Mulyana, R., & Supriadi, D. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS : memandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M.SC. Guru Besar Senior PPS dan FPIPS UPI. PT. Remaja Rosdakarya.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin, M. (2018). PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184

Suryanti, & Wijayanti, L. (2018, October 25). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM KURIKULUM 2013 DAN KERANGKA PEMBELAJARAN ABAD 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR 2018. repository.bbg.ac.id/handle/706

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129–136.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868

Zubaidah, S., Universitas, J., & Malang, N. (2018, October 13). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats