Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies
Abstract
Terobosan berpikir dan kebaruan merupakan satu tantangan yang harus dijawab dalam abad 21. Tantangan tersebut harus direspon oleh pendidikan guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan melek terhadap perkembangan teknologi. Pengintegrasian informasi, komunikasi, dan technology dalam pembelajaran dikenal dengan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Artikel ini bertujuan mendeskripsikan telaah konseptual TPACK sebagai inovasi dalam pembelajaran IPS. Artikel diuraikan dengan studi literatur yang memanfaatkan mesin pencari dalam mendapatkan ebook dan jurnal. Pembahasan yang diuraikan dalam artikel melingkupi tujuh domain pengetahuan dalam TPACK dan kaitannya dengan pembelajaran IPS. TPACK dalam pembelajaran IPS diyakini sebagai satu role model pembelajaran yang berorientasi pada perubahan dan tuntuntan abad 21 dalam merespon era pengetahuan. Pengorganisasian materi akan bersifat kontekstual. Guru dapat mengembangkan materi yang bersifat aktual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/
Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528
Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949
Abdurahman, D. (1998). Pengantar Metode Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
Anderson, A., Barham, N., & Northcote, M. (2013). Using the TPACK framework to unite disciplines in online learning. Australasian Journal of Educational Technology, 29(4), Article 4. https://doi.org/10.14742/ajet.24
Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian suatu praktek. Jakarta: Bina Aksara, 3.
Baran, E., & Uygun, E. (2016). Putting technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) in action: An integrated TPACK-design-based learning (DBL) approach. Australasian Journal of Educational Technology, 32(2), Article 2. https://doi.org/10.14742/ajet.2551
Guerrero, S. (2010). Technological Pedagogical Content Knowledge in the Mathematics Classroom. Journal of Computing in Teacher Education, 26(4), 132–139. https://doi.org/10.1080/10402454.2010.10784646
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Cetakan : ke-1). BUMI AKSARA. https://bumiaksaraonline.com/metode-penelitian-kualitatif-teori-dan-praktik.html
Harris, J. B., & Hofer, M. J. (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action. Journal of Research on Technology in Education, 43(3), 211–229. https://doi.org/10.1080/15391523.2011.10782570
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013 (BOGOR). Ghalia Indonesia. //repo.unikadelasalle.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D11129%26keywords%3D
Kereluik, K., Mishra, P., & Koehler, M. J. (2011). On learning to subvert signs: Literacy, technology and the TPACK framework. California Reader, 44(2).
Koehler, M., & Mishra, P. (2008). Introducing TPCK. AACTE Committee on Innovation and Technology (Ed.), The handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators (pp. 3-29). Mah—Wah, N]: Lawrence Erlbaum Associates.
Kuhn, T. S. (2002). The Structure of Scientific Revolutions: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Loughran, J., Berry, A., & Mulhall, P. (2012). Understanding and Developing ScienceTeachers’ Pedagogical Content Knowledge. Springer Science & Business Media.
Mishra, P., Koehler, M. J., & Henriksen, D. (2011). The Seven Trans-Disciplinary Habits of Mind: Extending the TPACK Framework Towards 21st Century Learning. Educational Technology, 51(2), 22–28.
Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386
Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung). Tarsito. //library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2773&keywords=
Niess, M. L. (2011). Investigating TPACK: Knowledge Growth in Teaching with Technology. Journal of Educational Computing Research, 44(3), 299–317. https://doi.org/10.2190/EC.44.3.c
Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241–263. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4
Polly, D., & Brantley-Dias, L. (2009). TPACK: Where do we go now? TechTrends, 53(5), 46.
Samiha, Y. T. (2017). Interaktif dalam Pembelajaran IPS. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 89–97. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1383
Sumaatmadja, N. (1998). Manusia Dalam Konteks Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: Alfabeta.
Suriasumantri, J. S. (2007). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/
Tilaar, H. A. R. & Mukhlis. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya. http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=40989
Wahidmurni, W. (2017). Metodologi pembelajaran IPS: Pengembangan standar proses pembelajaran IPS di sekolah/madrasah (R. Rose, Ed.). Ar-Ruzz Media. http://repository.uin-malang.ac.id/4634/
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License