The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review

Jumriani Jumriani, Mutiani Mutiani, Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Syaharuddin Syaharuddin, Ersis Warmansyah Abbas

Abstract


Kearifan lokal merupakan karaterisitk masyarakat di suatu daerah yang harus dijaga sebagai identitas konstruktif sekaligus sebagai filter bagi berbagai aspek kebudayaan luar yang destruktif. Dalam konteks demikian, kearifan lokal dipahami sebagai warisan dari generasi ke generasi agar tidak tergerus beragam unsur-unsur kebuduyaan luar. Karena itu pembelajaran kearifan lokal merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan, satu diantaranya melalui pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS). Pembelajaran IPS merupakan sarana bagi terjaganya kearifan lokal. Penelitian melalui studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya memanfaatkan konten kearifan lokal sebagai sumber belajar IPS. Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai, kemudian dilakukan diskusi yang kemudian secara sitesis dinarasikan.  Hasil diskusi memastikan bahwa pembelajran IPS berbasis kearifan lokal menjadikan peserta didik dapat mengetahui, memahami, dan mempraktikkan dalam kehidupan sosial karakteristik lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan social sebagai sumber pembelajaran IPS.


Keywords


Kearifan Lokal; Pembelajaran; IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/4172/

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Abbas, E. W., Permatasari, M. A., Mutiani, M., Saidinor, S., Budiyanti, A., & Hassanaini, H. (2015). Implementasi Model Kooperatif dalam Pembelajaran IPS untuk meningkatakan Pengetahuan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik (Studi pada SMP Negeri 6 Banjarmasin). Implementasi Model Kooperatif Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatakan Pengetahuan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 6 Banjarmasin). http://eprints.ulm.ac.id/5127/

Al Muchtar, S. (2001). Epistimologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Anwar, S., Aziz, I., & Susanti. (2019). Integration Of Local Wisdom In Developing Learning Devices And Attitude Assessment Instruments. 890–893. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.113

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: Revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media.

Hasanah, M., ABBAS, E. W., Subiyakto, B., Fikriah, N., & Syahrin, M. A. (2017). Implementasi Pembelajaran IPS yang Berbasis Kearifan Lokal di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. Implementasi Pembelajaran IPS Yang Berbasis Kearifan Lokal Di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. http://eprints.ulm.ac.id/5121/

Ilhami, A., Riandi, R., & Sriyati, S. (2019). Implementation of science learning with local wisdom approach toward environmental literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 022030. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022030

Ma’nawiyah, M., Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2019). IMPLEMENTASI NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7230

Maunah, B. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK SISWA. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Mutiani, M. (2018, September 19). Literasi Budaya Lokal Sebagai Wahana Edukasi Di Era Milenial. SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS 2018 Tema “Adopsi dan Adaptasi ICT dalam Pembelajaran IPS Bagi Generasi Milenial,” Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri malang. http://eprints.ulm.ac.id/6425/

Nasrudin, D., Irwansyah, F. S., Sugilar, H., Ramdhani, M. A., & Aulawi, H. (2019). Packaging science and local wisdom in digital devices for primary school students: Challenges and obstacles. Journal of Physics: Conference Series, 1318, 012033. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012033

Purwanti, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Sandoval-Rivera, J. C. A. (2020). Environmental education and indigenous knowledge: Towards the connection of local wisdom with international agendas in the framework of the Sustainable Development Goals (SDGs). Diaspora, Indigenous, and Minority Education, 14(1), 14–24. https://doi.org/10.1080/15595692.2019.1652588

Saripudin, D., & Komalasari, K. (2016). Culture-Based Contextual Social Studies Learning for Development of Social and Cultural Values of Junior High School Students. The Social Sciences, 11(23), 5726–5731. https://doi.org/10.36478/sscience.2016.5726.5731

Snyder, H. (2019). Literature Review As A Research Methodology: An Overview And Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sriartha, I. P., Jampel, I. N., Widiana, I. W., & Wesnawa, I. G. A. (2017, August). Local Wisdom Of Subak As A Model Of Character Building For Social Studies Learning In Schools. 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). https://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.22

Susanto, H. (2015, June 1). Cross-Indigenous Pembelajaran IPS dalam Mengajarkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pemahaman Kearifan Lokal. Prosiding Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. http://eprints.ulm.ac.id/8566/

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of Social Studies Learning Model Based on Local Wisdom in Improving Students’ Knowledge and Social Attitude. International Journal of Instruction, 12(3), 375–388.

Widyanti, T. (2015). PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA MASYARAKAT KAMPUNG ADAT CIREUNDEU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 157–162. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1452

Wulandari, S., Suwondo, & Haryanto, R. (2019). Implementation of Environmental Education Based Local Potential to Increase Environmental Knowledge Student. Journal of Physics: Conference Series, 1351, 012054. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012054




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License