Social Interaction Contents on Social Studies Learning to Improve Social Skills
Abstract
Keterampilan sosial dapat dikembangkan dalam pembelajaran untuk mendukung terciptanya hubungan sosial efektif. Pengembangan keterampilan sosial dapat dilakukan melalui pembelajaran IPS denga tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik untuk menjadi warga negara dengan memiliki pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan. Pengembangkan keterampilan sosial melalui materi interaksi sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterkaitan interaksi sosial pada pembelajaran IPS dalam pengembangan keterampilan sosial peserta didik melalui studi literatur. Strategi penelusuran data menggunakan berbagai buku, jurnal, dan skripsi atau tesis mahasiswa. Penelusuran data dilakukan dengan mendatangi perpustakaan untuk mencari buku yang sesuai dengan kata kunci, selain itu penulis juga mencari jurnal yang relevan dengan isi penelitian. Penyajian naskah dilakukan dengan deskripsi dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan. Hasil penelitian memastikan bahwa konsep interaksi sosial yang memuat hubungan antara manusia seperti komunikasi dan kerjasama berguna untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Keterampilan sosial merupakan satu bagian yang harus ada dalam kehidupan peserta didik yang berguna untuk membentuk hubungan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/
Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/
Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528
Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949
Abdullah, M. F. (2005). Manajemen Perbankan: Teknik Analisis Kinerja Keuangan Bank.
Abdulsyani, A. (2012). Sosiologi Skematika Teori dan Terapan (4th ed.). PT. Bumi Aksara.
Ahmadi, A. (2019). Psikologi Sosial. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/77175
Baharun, H. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1–26.
Fachruddin, I. (2009). Desain penelitian. Malang: Universitas Islam Negeri.
Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280
Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.
Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin) [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8289/
Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527
Ruman, Y. S. (2016). Keteraturan sosial, norma dan hukum: Sebuah penjelasan sosiologis. Jurnal Hukum Prioris, 2(2), 106–116.
Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya.
Seefeldt, C. & Barbour, N. (1994). Early Childhood Education An Introduction 3rd Edition. Macmilan College Publishing Company.
Setiadi, E. M. (2019). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/61703
Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Penerbit Garudhawaca.
Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). NILAI-NILAI GOTONG ROYONG PADA TRADISI BAHAUL DALAM MASYARAKAT BANJAR DI DESA ANDHIKA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Wahyuti, S. M. (2015). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pemahaman Multikultural dalam Bimbingan Konseling. Jurnal ISPI, 2(1), 26–34.
Zamroni, P., & dalam Transisi, D. (2007). Prakondisi Menuju Era Globalisasi. Jakarta: PSAP.
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License