The Differences of Education Unit Level Curriculum (KTSP) and The 2013 Curriculum in Social Studies Lessons

Anis Yusnita, Sonia Apriliani, Ersis Warmansyah Abbas, Rochgiyanti Rochgiyanti

Abstract


Perkembangan IPTEK menjadi pusat perhatian untuk menyiapkan sumber daya manusia. Perihal ini tentunya menjadi respon bagi kurikulum untuk memberikan ruang dialog kritis pada level pembelajaran. Kondisi yang demikian, secara langsung mendasari terjadinya perubahan KTSP tahun 2006 menjadi Kurikulum 2013. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan praktis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013. Telaah Pustaka dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan skripsi atau tesis mahasiswa. Cara penelusuran data yaitu penulis mendatangi perpustakaan untuk mencari buku yang sesuai dengan kata kunci, selain itu penulis juga mencari jurnal yang relevan dengan isi penelitian. Literature Review kemudian di sintesis menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan. Artikel ini mendeskripsikan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, secara khusus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar menekankan pada aspek pengetahuan. Namun, Kurikulum 2013 kemudian mengembangkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar ke ranah kontekstual agar peserta didik lebih baik dalam melakukan observasi, menalar, bertanya serta mempresentasikan apa yang mereka dapat atau ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 lebih menekankan pada ketiga aspek yakni sikap, pengetahuan serta keterampilan. 


Keywords


Kurikulum; IPS; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2014a). Mewacanakan Pendidikan IPS. WAHANA Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2014b). Pendidikan Karakter. Niaga Sarana Mandiri.

Abdul. (2000). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Bahri, S. (2011). PENGEMBANGAN KURIKULUM DASAR DAN TUJUANNYA. 1, 20.

Fadlilah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS&SMA/MA. Ar-Ruzz Media.

Kemendikbud. (2016).

Magdalena, dkk. (2020). ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KURIKULUM KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SAMPORA II. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, Volume 2, Nomor 1.

Muchlis, M. (2014). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Mutiani, M. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 46–53.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122.

Mutiani, M. & Nugraha, D. S. (2019). Social Capital dan Tantangan Abad 21: Kontribusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial Melalui Biografi K.H Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA-Social Science Education Journal, 6(1), 1–10.

Nasih, M., Warmansyah Abbas, E., & Syaharuddin. (2019). Nilai-Nilai Haul Guru Sekumpul Sebagai Sumber Belajar IPS. SOCIUS: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 164–177

Nasution, T. & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar IPS. Khazanah; Jurnal Studi Islam, 137–166.

Syaharuddin, S. & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (Eds. Subiyakto, B. and Abbas, E. W). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Trianto, T. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher.

Zainal, A. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats