The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student's Nationalism

Aida Afrina, Ersis Warmansyah Abbas, Heri Susanto

Abstract


Konsep utama materi pembelajaran IPS ini berkaitan dengan waktu, perubahan dan keberlanjutan. Ilmu sejarah memberikan ruang kisah kehidupan manusia di masa lampau, masa sekarang dan di masa yang akan datang yang hanya terjadi satu kali tanpa terulang kembali. Terbukti keadaan masa sekarang merupakan hasil dari proses perjalanan di masa lampau untuk menentukan masa yang akan datang dalam kehidupan manusia. Hasil penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan makna nilai-nilai materi ilmu sejarah terhadap kontribusi IPS yang mana mengandung nilai nasionalisme yang berperan untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Strategi pencarian data dengan penelusuran buku, ebook, dan jurnal melalui google scholar. Penelusuran data pada google scholar menggunakan kata kunci melalui pencarian jurnal penelitian yang dipublikasikan di internet baik jurnal, buku atau ebook. Hal ini terlihat adanya kontribusi dari ilmu sejarah yang memberikan sumbangsih terhadap Pendidikan IPS yang mana memiliki keterkaitan secara historis. Pentingnya mempelajari materi pembelajaran IPS yang didalamnya juga mengandung konsep ilmu sejarah maka secara tidak langsung peserta didik dapat memahami makna nilai nasionalisme pada peserta didik di sekolah. Sehingga berbagai materi ajar IPS berkaitan dengan kesejarahan memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar dan mengandung makna nilai-nilai yang ada pada ilmu sejarah yakni nilai nasionalisme sehingga peserta didik mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Kontribusi Ilmu Sejarah; Pembelajaran IPS; Nilai Nasionalisme

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi. https://eprints.ulm.ac.id.

Abbas, E. W. (2019, March 8). Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. http://eprints.ulm.ac.id/5479/

Anis, M. Z. A. (2015). Sejarah Bukan Warisan Melainkan Pembelajaran. Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015.

Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Arisanty, D., & Rajiani, I. (2020). Historical Thinking Learning Model in the Era of Society 4.0: New Jersey in an Old Jacket. 34th IBIMA Conference: 13-14 November 2019, Madrid, Spain.

Anis, M. Z. A., Sriwati, S., & Mardiani, F. (2020). SISI ABU-ABU KAUSALITAS DAN EVALUASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Socius, 9(2), 169-180.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, 3(2), 59–76.

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Darminta, D. (2006). Praksis Pendidikan Nilai. Kanisius.

Darsono, & Karmilasari, W. (2017). SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL MATA PELAJARAN: GURU KELAS SD. Kemendikbud.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Gottschalk, L. (2008). Mengerti Sejarah (N. Notosusanto, Trans.). UI Press.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Handy, M. R. N. (2015). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan. Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 351-359.

Handy, M. R. N. (2016). Membangun Sikap Integrasi Bangsa Melalui Sejarah Nasional. Seminar Internasional Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan. Banjarmasin: 8 Oktober 2016. Hal. 399-406.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49-54.

Hasan, S. H. (2015). PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS (Suatu Perubahan Paradigma Pendidikan Sejarah dengan Referensi pada Kurikulum 2013). Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 1-23.

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154.

Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Grasindo.

Kuntowijoyo, K. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah (1st ed.). Yayasan Bentang Budaya.

Lestari, S. U., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205-215.

Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar (1st ed.). Kencana.

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.

Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2019). Social Capital dan Tantangan Abad 21, Kontribusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial Melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), 1–10.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113-122.

Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704-709.

Nasution, T. (2018). KONSEP DASAR IPS. Samudera Biru.

Nurochim. (2013). Perencanaan Ilmu-Ilmu Sosial.PT.Rajagrafindo Persada.

Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 159-168.

Sanusi, A. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Syekh Nurjati Press.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Program Pascasarjana dan FPIPS UPI

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sulaiman, R. (2014). Pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradaban Islam (C3 ed.). Raja Grafindo Persada.

Suparjan, E. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa. Deepublish.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Susanto, H. (2014). Seputar pembelajaran sejarah: isu, gagasan, dan strategi pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats