Kuranji KB Village in Increasing the Effectiveness of Family Planning Program as a Learning Resource on Social Studies

Mirza Noviani, Herry Porda Nugroho Putro, Muhammad Rezky Noor Handy, Deasy Arisanty, Karunia Puji Hastuti

Abstract


Kuantitas penduduk yang besar, dengan pertumbuhannya yang cepat serta diiringi dengan kualitas rendah hanya akan mempersulit tercapainya tujuan pembangunan sehingga menjadi masalah yang biasa dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia. Peran pemerintah diantaranya adalah program Keluarga Berencana (KB) yang direalisasikan diantaranya adanya Kampung KB Kuranji Landasan Ulin dengan tujuan mewujudkan kualitas dan kesejahteraan keluarga kecil. Kampung KB Kuranji tersebut dapat dijadikan tempat edukasi dengan mengintegrasikannya dalam IPS materi Dinamika Kependudukan Indonesia kelas VII semester 1. Tujuan penulisan artikel ini adalah bagaimana keterkaitan Kampung KB Kuranji sebagai Sumber belajar IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data yang sudah terkumpul di lapangan didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Peneliti kemudian melakukan uji keabsahan data triangulasi (waktu, teknik, dan sumber), member check, dan perpanjangan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Kampung KB Kuranji  Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin  Kota Banjarbaru provinsi Kalimantan Selatan salah satu dari  Kampung KB yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan program KKBPK, diantaranya Bina Keluarga Balita, Bina keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera. 2) Bentuk aktivitas masyarakat Kampung KB Kuranji kelurahan Guntung Manggis kecamatan Landasan Ulin adanya Paud Handayani, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Usaha Peningkatan Keluarga Sejahtera. 3) Aktivitas yang ada di Kampung KB Kuranji Banjarbaru dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS ke dalam materi Dinamika Kependudukan serta interaksi sosial pada kelas VII.


Keywords


Kampung KB Kuranji; Program KB; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2014). Pendidikan Karakter. Niaga Sarana Mandiri.

Ahmad, R. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Aldi, I. P., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2014). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(4).

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.

Effendy, N. (1998). Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. EGC.

Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar, 2(1).

Indriyani, I. E., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). Social Interaction Contents on Social Studies Learning to Improve Social Skills. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 93-102.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035.

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56-67.

Putro, H. P. N. in Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.3772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License