Patterns of Guidance in Panti Sosial Bina Wanita Melati as a Learning Resource on Social Studies

Maimunah Maimunah, Heru Puji Winarso, Jumriani Jumriani

Abstract


Kesejahteraan sosial merupakan suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan hidup yang layak bagi masyarakat, Pemerintah berperan penting dalam menciptakan kesejahteraan di masyarakat diantaranya dengan melalui pelayanan sosial. Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati tidak hanya dimanfaatkan sebagai wadah untuk menampung para wanita, selain itu pada aspek pembelajaran hal tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui Mendeskripsikan pola bimbingan keterkaitan pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk narasi dilengkapi dengan gambar dan tabel relevansi materi sesuai dengan kompetensi dasar lalu kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati Provinsi Kalimantan Selatan menjadi unit pelaksana teknis yang dibangun bertujuan untuk Terwujudnya kesetaraan dan kemandirian wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) agar dapat berperan aktif dalam pembangunan bermasyarakat; 2) Pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru dapat dilihat adanya bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, bimbingan sosial,dan bimbingan keterampilan; 3) Keterkaitan pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS pada  materi Interaksi Sosial di kelas VII.


Keywords


Panti Sosial, Bimbingan; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan.

Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2019). Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. FKIP UNLAM Press.

Amelia, R., Putro, H. P. N., & Permatasari, M. A. (2020). The Role of Caregivers as a Social Attitude Developer in The Children's Social Homes Budi Mulia Banjarbaru. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 56-61.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, Dan Diskursi Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Kencana.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.

Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76.

Isra, N. (2015). Peran Panti Sosial dalam Penanganan Lanjut Usia (Studi Kasus pada Sosial Tresna Werdha Gua Mabaji Kabupaten Gowa) (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).

Jumriani, J. (2018). Kegiatan Produksi dan Distribusi Di Kampung Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Socius, 7(1).

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. Departemen Sosial RI.

Rahayu, R., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 160-169.

Rusmaniah, R. (2017). PEMBINAAN MORAL REMAJA PUTUS SEKOLAH PADA PSBR BUDI SATRIA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Socius, 6(02).

Rusmaniah, R., Mardiani, F., Handy, M. R. N., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2021). Social Services Based on Institutional for Youth Discontinued School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 151-158.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS Konsep Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Sitepu, M. A. (2017). Pengembangan Sumber Belajar. PT. Raja Grafindo.

Soerjono, S. (2006). Sosiologi: Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Alfabeta.

Syaharuddin, S., & Handy, M. R. N. (2021). PENGUATAN NILAI SOSIAL MELALUI AKTIVITAS BPK DI KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 6, No. 2).

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & ABBAS, E. W. Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students' Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 979-987.

Yani, P., Syaharuddin, S., & Putra, M. A. H. (2020). Social Services in The Sosial Home Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 58-65.

Yurnalis N. M. P., & Madya, W. (2012). SUMBER BELAJAR DAN PENGORGANISASIAN BAHAN PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats