The Modernization and Globalization Teaching Materials for Social Studies

Devi Lasdya, Siti Masyithah, Syaharuddin Syaharuddin, Jumriani Jumriani

Abstract


Modernisasi dan globalisasi berkontribusi bagi kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang. Meskipun demikian, dampak negatif juga tidak bisa dipungkiri bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan menjadi satu sarana kepada peserta didik selaku generasi mendatang untuk memiliki sikap yang siap dengan perkembangan zaman tersebut. Mata pelajaran IPS di sekolah merupakan mata pelajaran yang sesuai untuk mengembangkan sikap tersebut. Atas dasar hal itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi modernisasi dan globalisasi dalam pembelajaran IPS. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa studi literatur. Strategi penulusuran data menggunakan berbagai buku, ebook, dan jurnal melalui platform google scholar dengan penulusuran melalui kata kunci terpilih dan sumber yang digunakan sebanyak 22 sumber. Hasil penelitian memastikan bahwa modernisasi dan globalisasi dapat menimbulkan perubahan sosial bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, melaui muatan materi tersebut pada pembelajaran IPS diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang konsep modernisasi dan globalisasim dan menanmkan sikap dan keterampilan untuk hitup di tengah perkembangan zaman.


Keywords


Modernisasi; Globalisasi; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2020, August). Exploration Activities Cultural Values Through Learning In Elementary School (Sekolah Dasar Negeri/SDN) Basirih 10. In International Conference On Social Studies, Globalisation And Technology (ICSSGT 2019) (pp. 271-280). Atlantis Press.

Abbas, E. W. (2021, May). Banua Anyar Culinary Tourism Area: Study Of Economic Activities As A Learning Resource on Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2020). Culinary Identification in the Banua Anyar Culinary Tourism Area; a Contribution for Tourism in Banjarmasin City. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 33-40.

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.

Ilmiyannor, M., & Mi’rajiatinnor, D. (2021, February). Strengthening Environmental Care Attitudes Through Social Wisdom-Based Social Studies Learning. In The 2nd International Conference on Social Studies Education (ICSSE 2020) (pp. 65-69). Atlantis Press.

Indriyani, I. E., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). Social Interaction Contents on Social Studies Learning to Improve Social Skills. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 93-102.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035.

Klasikal, And K. Abdulsyani. 2017. Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, J. A., & Abbas, E. W. (2021, February). Efforts to Improve Community Economy Through Making Hand Crafts Based on Purun Plants. In The 2nd International Conference on Social Studies Education (ICSSE 2020) (pp. 403-406). Atlantis Press.

Lumintang, Juliana. 2015. “Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pembangunan Masyarakat Di Desa Tara-Tara I.” ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2)

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). “Manusia Dan Kebudayaan (Manusia Dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, Manusia Dan Sumber Penghidupan).” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(2): 154–65.

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of the 21st century skills and social capital in social studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1-11.

Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704-709.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Rahayu, R., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 160-169.

Rusmaniah, R., Mardiani, F., Handy, M. R. N., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2021). Social Services Based on Institutional for Youth Discontinued School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 151-158.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Social Studies Based Learning Technology, Information, and Communication in SMP-SMIP 1946 Banjarmasin. The innovation of social studies journal, 1(1), 40-45.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18-24.

Tika, N. W., Khairiyah, R., & Adham, M. J. I. (2018). Pengaruh Modernisasi Terhadap Pergeseran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat Indonesia. (18)1.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been listed in:

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) Stats:

My Stats

View My Stats