Identification of Social and Cultural Changes Materials in Social Studies
Abstract
Perubahan sosial dan budaya tidak bisa dihindari dalam kehidupan masyarakat. Pada ranah pembelajaran IPS, konteks perubahan sosial dan budaya merupakan materi yang diajarkan pada kelas IX, dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami perubahan sosial disekitarnya, dapat menyesuaikan diri maupun memecahkan masalah sosial sebagai dampak terjadinya berbagai perubahan sosial maupun budaya. Atas dasar hal itu, artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi perubahan sosial dan budaya pada mata pelajaran IPS di SMP kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Penulis mengumpulkan data dan informasi dengan bersumber pada jurnal, buku, dan surat kabar. Penelusuran pustaka tidak hanya untuk langkah awal menyiapkan kerangka penelitian, tetapi sekaligus memanfaatkan sumber-sumber tersebut untuk pegumpulan data sampai dengan melakukan analisis dan penarikan simpulan. Dari berbagai studi literatur tersebut, maka pada bagian hasil penelitian diidentifikasi bahwa materi perubahan sosial budaya pada mata pelajaran IPS di SMP kelas IX memuat beberapa aspek, yaitu definisi, bentuk, pola perubahan, faktor pendorong, faktor penghambat dan sikap masyarakat terhadap perubahan sosial dan budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2020, August). Exploration Activities Cultural Values Through Learning In Elementary School (Sekolah Dasar Negeri/SDN) Basirih 10. In International Conference On Social Studies, Globalisation And Technology (ICSSGT 2019) (pp. 271-280). Atlantis Press.
Abbas, E. W. (2021, May). Banua Anyar Culinary Tourism Area: Study Of Economic Activities As A Learning Resource on Social Studies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.
Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2020). Culinary Identification in the Banua Anyar Culinary Tourism Area; a Contribution for Tourism in Banjarmasin City. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 33-40.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.
Handy, M. R. N., & Maulana, I. (2021, February). Revitalization of Green Open Space to Fulfill the Needs of Urban Communities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 222-224). Atlantis Press.
Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.
Ilmiyannor, M., & Mi’rajiatinnor, D. (2021, February). Strengthening Environmental Care Attitudes Through Social Wisdom-Based Social Studies Learning. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 65-69). Atlantis Press.
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (Sd)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Kemendikbud. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Klasikal, And K. Abdulsyani. (2017). Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusnandar, A. (nn.). Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0. Preprints, Bandar Lampung.
Kusumaningjati, S. (2015). “Pengembangan Buku Teks Ips Smp Kelas Vii Semester Ii Berbasis Kurikulum 2013.” Edu Geography 3(6).
Lestari, J. A., & Abbas, E. W. (2021, February). Efforts to Improve Community Economy Through Making Hand Crafts Based on Purun Plants. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 403-406). Atlantis Press.
Lumintang, J. (2015). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pembangunan Masyarakat Di Desa Tara-Tara I. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2)
Magdalena, And I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. 2020. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” NUSANTARA, 2(2), 180-187
Mahdayeni, M., Alhaddad, M., R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia Dan Kebudayaan (Manusia Dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, Manusia Dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(2): 154–65.
Marhayani, D. A. (2018). “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips.” Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 67-75.
Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.
Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704-709.
Nababan, Z. A. H., Arisanty, D., & Mattiro, S. (2021, February). Human, Space, and Environment: Literature Review Through Exploring the Theme in Social Studies. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 163-166). Atlantis Press.
Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12-17.
Rahayu, R., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 160-169.
Rusmaniah, R., Mardiani, F., Handy, M. R. N., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2021). Social Services Based on Institutional for Youth Discontinued School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 151-158.
Saleh, M., & Mutiani, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135-1141.
Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2019). IMPLEMENTASI NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN. Jurnal Socius, 8(2).
Syaharuddin, S. & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi (eds. Subiyakto, B., & Abbas, E. W.). Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License