The Social Capital of Banjar Community in The Implementation of Religious Rituals: A Literature Study

Syaharuddin Syaharuddin, Muhammad Rezky Noor Handy, Mutiani Mutiani, Ersis Warmansyah Abbas, Bambang Subiyakto

Abstract


Perkembangan masyarakat dari waktu ke waktu mengahasilkan berbagai macam bentuk kebudayaan dan juga aktivitas yang sering dilaksanakan, diantaranya adalah aktivitas ataupun ritual keagamaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat Banjar, tujuan penulisan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana modal sosial pada masyarakat Banjar dalam setiap pelaksanaan berbagai kegiatan ritual keagamaan. Menggunakan studi literatur sebagai desain dari penelitian ini dengan langkah-langkah yang dilakukan diantaranya pengumpulan data-data pustaka, membaca, mencatat, serta membandingkan berbagai literature yang dimana kemudian diolah menghasilkan kesimpulan sehingga menghasilkan pembahasan yang tepat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari berbagai macam aktivitas ataupun kegiatan ritual keagamaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat Banjar seperti bahaul, batahlil, baayun maulid, bahandil dan lainnya menunjukkan bahwa modal social yang kerekatan (bonding) yang terjalin dari berbagai hubungan seperti hubungan keluarga, kerabat dan sekitarnya menjadi salah satu bentuk dan kekuatan dari modal sosial bagi masyarakat Banjar yang masih bertahan hingga saat ini.


Keywords


Modal Sosial; Banjar; Ritual Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2017, November). Prophetic Education of Guru Sekumpul for Social Studies Education. In 1st International Conference on Social Sciences Education-" Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment"(ICSSE 2017). Atlantis Press.

Abbas, E. W., Hadi, S., & Rajiani, I. (2019). "GURU SEKUMPUL" AS THE PROPHETICAL MODEL OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION FROM ISLAMIC PERSPECTIVE. Proceedings of ADVED 5th International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 21-23 October 2019, Istanbul, Turkey https://www.ocerints.org/adved19_e-publication/abstracts/a69.html.

Abbas, E. W., Winarso, H. P., & Meilina, N. (2019). Religious Activities at Sultan Suriansyah Mosque, Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 55-64.

Arni, A., Maimanah, M., & Norhidayat, N. (2018). TRADISI BAAYUN MULUD DI KOTA BANJARMASIN (KAJIAN FENOMENOLOGIS). Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 16(2), 179-200.

Ayudya, D., & Rahman, A. M. (2019). Bahandil Tradition Community at North Kuin Villages, Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 87-93.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2020). The Religious Values in Tradition of Batahlil in Banjar Pahuluan Community. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 39-47.

Haryanto, J. T. (2018). Nilai Kerukunan pada Cerita Rakyat Dayuhan-Intingan di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 4(1), 1-14.

Ideham, M. S., Syarifuddin, Anis, M. Z. A., & Wajidi. (2015). Urang Banjar dan kebudayaannya. OMBAK.

Jamalie, Z. (2014). Akulturasi dan Kearifan Lokal dalam Tradisi Baayun Maulid Pada Masyarakat Banjar. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 16(2), 234-254.

Mahfuzah, M., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). The Form of Religious Community Activities at Kelayan B as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 150-157.

Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi KH Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1).

Mutiani, M., & Subiyakto, B. (2019). Social Capital in Social Studies Through Zoning School System. International Journal Pedagogy of Social Studies, 4(2).

Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). Laporan Penelitian: Relevansi Modal Sosial Dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di Smp Negeri Kota Banjarmasin). Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Nasih, M., Abbas, E. W., & Syaharuddin, S. (2019). NILAI-NILAI HAUL GURU SEKUMPUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7226

Putra, M. A. H., & Subiyakto, B. (2021, February). Ecological Awareness Based on Religious Activities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 311-314). Atlantis Press.

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151-158.

Rahmini, N., Pudjihardjo, M., Hoetoro, A., & Manzilati, A. (2019). PROFIL MODAL SOSIAL (BONDING, BRIDGING DAN LINKING) PADA PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN. Prodising Simposium Filsafat Ilmu Ekonomi dan Bisnis oleh FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA, 28 November 2019.

Rajiani, I., & Abbas, E. W. (2019). The Value in Banjarese Culture through the Thought of a Prominent Ulema as a Model of Developing Entrepreneurship Based Religion | International Business Information Management Association (IBIMA). Proceedings of the 33rd International Business Information Management Association Conference, IBIMA 2019: Education Excellence and Innovation Management through Vision 2020. 33rd IBIMA Conference: 10-11 April 2019, Granada, Spain, Spain. https://ibima.org/accepted-paper/the-value-in-banjarese-culture-through-the-thought-of-a-prominent-ulema-as-a-model-of-developing-entrepreneurship-based-religion/

Renwarin, B. (2011). Kearifan Lokal Sebagai Modal Sosial Pembangunan. Limen, 8(1 Oktober).

Rifani, W. (2021). Dialectics of Religious Understanding and the Values of Islamic Education in Baayun Maulid Tradition in Banua Halat.

Sahriansyah, S. (2015). Sejarah kesultanan dan budaya Banjar. IAIN Antasari Press.

Subiyakto, B., Sari, N. P., Mutiani, M., Faisal, M., & Rusli, R. (2020a). Bonding Social Capital in Social Activities of Urang Banjar in the Martapura Riverbank. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 17-24.

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2).

Subiyakto, S., Sari, N. P., Mutiani, M. (2020b). Laporan Penelitian: MODAL SOSIAL ETNIK BANJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEARIFAN LOKAL DI LAHAN BASAH. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syaharuddin, S., Subiyakto, B., Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2020). Commemoration Day in the Loving Memory of Famous Ulema as a Model of Enhancing Solidarity. 34th IBIMA Conference: 13-14 November 2019, Madrid, Spain.

Tarwilah, T. (2018). Nilai-nilai Keislaman pada Tradisi Masyarakat Banjar (Sebuah Analisis Pendidikan) [Disertasi, UIN Antasari Banjarmasin]. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Wahyudi, A. (2013). Social Capital and The Empowerment of Poor Society. Research on Humanities and Social Sciences, 3(4), 82-92.

Wajidi, W. (2014). Hubungan Islam dan Budaya dalam Tradisi Ba-ayun Maulid di Masjid Banua Halat Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Patanjala, 6(3), 349-366.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License