Overview of Rationalism and Empiricism Philosophy in Social Studies Education

Mutiani Mutiani, Disman Disman, Erlina Wiyanarti, Ersis Warmansyah Abbas, Sutarto Hadi, Bambang Subiyakto

Abstract


Artikel ini menjelaskan perbedaan antara kedua pandangan tersebut dan bagaimana kaitannya dengan pendidikan IPS. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan analisis tentang perkembangan filsafat ilmu dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial. Tinjauan pustaka digunakan untuk mendeskripsikan pembahasan secara deskriptif. Penulis mengumpulkan literatur menggunakan buku dan mesin pencari seperti; google sarjana, gerbang penelitian, dan akademisi. Hasil dan pembahasan menggambarkan bahwa rasionalisme sebagai pernyataan aksioma dasar yang digunakan untuk membangun sistem pemikiran yang berasal dari ide. Ide yang dimaksud harus jelas, tegas, dan berasal dari pemikiran manusia—Sedangkan empirisme adalah salah satu pandangan di mana seluruh atau sebagian pengetahuan didasarkan pada pengalaman menggunakan indera. Adapun hubungan antara rasionalisme dan empirisme dalam studi sosial, pendidikan adalah studi masalah sosial berdasarkan metode analitis untuk mendapatkan pengetahuan baru. Pendidikan IPS mengajarkan konsep-konsep sebagai mata pelajaran untuk sekolah menengah pertama atau sederajat. Pengajaran konsep dapat diuraikan dengan metode penyelidikan sosial. Metode ini memberikan keleluasaan untuk memperoleh pengetahuan baru baik secara induktif maupun deduktif.


Keywords


rationalism ; empiricism ; social studies education

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Penyunting. Wahana Jaya Abadi, dan FKIP-Unlam Press.

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS.

Abbas, E. W. (2020). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS.

Abu, A. H. (1992). Ringkasan Logika Muslim. Yayasan Al-Muntazar.

Akhmadi, A. (2007). Filsafat Umum. Raja Grafindo Persada.

Asmoro, A. (2005). Pengantar Filsafat Ilmu Umum. Raja Grafindo Persada.

Bagus, L. (2002). Kamus Filsafat. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Banks, J. (1985). Teaching Strategies for Social Studies: Inquiry, Valuing, and Decisions Making, Third Edition. Longman, Inc.

Gie, T. L. (1991). Pengantar Filsafat Ilmu. Pen. Liberty.

Honer, S. M., & Hunt, T. C. (2003). , Metode dalam Mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme dan Metode Keilmuan, dalam Jujun S. Suriasumantri (penyunting), Ilmu dalam Perspektif: SebuahKumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu. Yayasan Obor Indonesia.

James, G. (2010). 20 Karya Filsafat Terbesar. Kansius.

Kattsoff, L. O. (2004). Pengantar Filsafat. Tiara Wacana Yogya.

Magnis, S. F. (2002). Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Kanisius.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Mutiani, M., Supriatna, N., Wiyanarti, E., Alfisyah, A., & Abbas, E. W. (2021). Kuhnian's Paradigmatic Analysis Method As a Solution of Abstract Thinking Difficulties in Social Studies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1653-1662.

Pellerin, L., & Magistretti, P. J. (2004). Empiricism and rationalism: two paths toward the same goal. Journal of Cerebral Blood Flow & Metabolism, 24(11), 1240-1241.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). How to Design and Evaluate. Research in Education 8th Edition. McGraw-Hill Higher Education.

Roger, S. (1986). Sejarah Singkat Filsafat Modern: Dari Descartes Sampai Wittgenstein. terj. Zainal Ariifin Tandjung. Pantja Simpati.

Sapriya, S. (2012). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Supardan, D. (2014). Pendidikan IPS: Persfektif Filosofi, Kurikulum, dan Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suriasumantri, J. S. (2010). Filsafat Ilmu. Pestaka Sinar Harapan.

Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis. Bumi Aksara.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS; Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Tjahjadi, S. P. (2004). Petualangan Intelektual. Kanisius.

Wahidmurni, W. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Ar-Ruzz Media.

Wiriatmadja, R. (2012). Buku Ajar Filsafat Ilmu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zainal, A. (2000). Filsafat Manusia, Memahami Manusia melalui Filsafat. Remaja Rosdakarya.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor.

Zubaedi, D. (2007). Filsafat Barat: dari Logika Baru Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn. Arruz Media.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License