Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding

Ersis Warmansyah Abbas, Rusmaniah Rusmaniah, Mutiani Mutiani, Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Jumriani Jumriani

Abstract


Tingkat pemahaman peserta didik khusunya pada mata pelajaran IPS yang masih rendah dikarenakan peserta didik tidak tau keterkaitan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari, karena bahan ajar yang digunakan belum dikaitkan dengan contoh yang kontekstual. Oleh sebab itu guru perlu memodifikasi atau menambahkan bahan ajar yang telah ada dengan bahan ajar yang berbasis kontekstual sesuai dengan budaya daerah, khususnya di Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi konten pariwisata sungai dalam bahan ajar IPS pada kelas 7 Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi , penyajian dan penarikan kesimpulan serta terakhir diverifikasi. Hasil penelitian menjelaskan pariwisata sungai dapat dijadikan pembahasan dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan gambaran tentang pariwisata sungai di Banjarmasin agar kearifan budaya lokal tetap terjaga sekaligus memperkuat pemahaman peserta didik. Pariwisata sungai di Banjarmasin terbagi menjadi 3 zona diantaranya zona utara (18 Destinasi), zona barat (5 destinasi), zona selatan (12 destinasi). Pariwisata sungai Banjarmasin dapat diintegrasikan dalam materi ajar IPS Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7 antara lain : 1) Manusia , Tempat  dan Lingkungan , 2) Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial, 3) Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan, 4) Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Budha, dan Islam.


Keywords


Pariwisata Sungai; Bahan Ajar IPS; Kearifan Budaya Lokal

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., and Jumriani, J. (2020). Peran Kawasan Kuliner Banua Anyar Dalam Meningkatkan Pariwisata Di Kota Banjarmasin. Banjarmasin.

Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2020). Ecotourism of Martapura River Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 111-119.

Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2021, February). Lok Baintan Floating Market: The Ecotourism Potential of Rural Communities. In 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 368-371). Atlantis Press.

Abbas, E. W., Winarso, H. P., & Meilina, N. (2019). Religious Activities at Sultan Suriansyah Mosque, Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 55-64.

Afdholy, A.R., (2017). Rumah Lanting Arsitektur Vernakular Suku Banjar Yang Mulai Punah. Local Wisdom: Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal, 9(1), pp.103–117.

Afdholy, A.R., Wulandari, L.D. and Utami, S. (2019). Tipologi Fungsi Rumah Tepian Sungai di Pinggiran Kota Banjarmasin. 1(1), pp.6–16.

Afrina, A., Abbas, E. W., & Susanto, H. (2021). The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student's Nationalism. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 1-8.

Ahya, R. R., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). The Caring Attitudes for Environment of Lanting Householders as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 66-74.

Ajidayanti, A., and Abbas, E. W., (2019). Utilization of Tourism Bekantan Mascot as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), pp.78–86.

Aprilla, W., Subiyakto, B., Mutiani, M., Rajiani, I., & Syaharuddin, S. (2022). Water Transportation Business (Klotok) as a Source of Community Income. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(2), 161-168.

Astuty, S. (2019). Komunikasi Pemasaran Pariwisata “Kota Pusaka Kota 1000 Sungai” Banjarmasin. In: PUBLIC RELATIONS DAN PERIKLANAN MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Buku Litera.

Ayudya, D., & Rahman, A. M. (2019). Bahandil Tradition Community at North Kuin Villages, Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 87-93.

Basri, B. (2013). Penataan dan pengelolaan wilayah kelautan perspektif otonomi daerah dan pembangunan berkelanjutan. Jurnal Perspektif, XVIII(3), pp.180–187.

Delima, L., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Production Activities in Kampung Ketupat, Sungai Baru Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 169-174.

Fikriah, N. (2019). Relevance The Meaning Of Architecture In Building Jami Mosque Jingah River Banjarmasin As A Learning Source On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 25-39.

Handy, M. R. N. (2018). Nilai-Nilai Budaya Tionghoa Pacinan Banjarmasin Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Program Studi Pascasarjana Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49-54.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Jumriani, J., & Rahman, A. M. (2021). CULTURAL ACCULTURATION OF CHINESE: ETNOGRAPHIC STUDY IN BANJARMASIN. Jurnal Socius, 10(1), 66-75.

Handy, M. R. N., Sari, D. N., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., & Putro, H. P. N. (2022). PENGUATAN NILAI NASIONALISME DALAM SEJARAH PERJUANGAN ALRI DIVISI IV KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(1), 37-46.

Hapijah, H., Putro, H. P. N., & Hasanah, M. (2020). Tajau Production Activities in Kuin Utara as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 120-128.

Hariyadi, H., & Permatasari, M. A. (2020). The Role of the Muhtadin Sabilal Mosque in the Social Life of Communities. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 141-150.

Indriyani, I. E., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). Social interaction contents on social studies learning to improve social skills. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 93-102.

Izzati, M.F. and Wilopo, W. (2018). Implementasi Tripple Helix Dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Kota Malang Sebagai Upaya Peningkatan Daya SaingUntuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 55(1), pp.59–69.

Jamaluddin, J., Syaharuddin, S., & Putra, M. A. H. (2020). The Form of Basirih Society Social Interaction in The Dome of Habib Hamid Bin Abbas Al-Bahasyim as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 159-168.

Jawahir, J., Abbas, E. W., & Permatasari, M. A. (2020). Economic Activities in The Auction Place of Fish (TPI) RK Ilir as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 50-57.

Jumriani, J. (2018). Kegiatan Produksi dan Distribusi di Kampung Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS. Socius Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), pp.105–117.

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65-77.

Jumriani, J., Subiyakto, B., Hadi, S., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2022). Education of Social Regulation Through Social Institution Materials in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 118-127.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Abbas, E. W., Mutiani, M., & Handy, M. R. N. (2021). The traditional clothing industry of Banjarmasin Sasirangan: A portrait of a local business becoming an industry. Journal of Socioeconomics and Development, 4(2), 236-244.

Krisdayanti, M., Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2020). Portrait of Marketing Activities in Banjar Raya Fish Auction. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 184-190.

Mahfuzah, M., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). The Form of Religious Community Activities at Kelayan B as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 150-157.

Majid, A., (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mansyur, M., and Effendi, R., (2022). Inventarisasi Makam Sultan Banjar Di Kawasan Lahan Basah Kesultanan Banjar Tahun 1526-1860. In: Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. pp.172–180.

Mansyur, M., and Mursalin, M. (2021). Habib Basirih & Surgi Mufti: Sebuah Warna Dalam Syiar Islam di Kota Banjarmasin. Banjarmasin: Kerjasama Pemerintah Kota Banjarmasin dan Arti Bumi Intaran.

Maulidiyah, M., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 175-183.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Sandi, H. A. A., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2022). Promoting Creative Learning in Social Studies by Exploring Floating Cage Fish Cultivation Activities as Learning Resources. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3973-3980.

Nababan, Z. A. H., Arisanty, D., & Mattiro, S. (2021, February). Human, Space, and Environment: Literature Review Through Exploring the Theme in Social Studies. In 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 163-166). Atlantis Press.

Nasution, S. (2009). Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara.

Noviyanti, D. (2018). Strategi Promosi Wisata Religi Makam Syekh Surgi Mufti. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(34), pp.90–118.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nugroho, A. (2021). Sejarah Aktivitas Pendidikan Islam Di Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin. Universitas Islam Negeri Antasari.

Nur Hafidha, R. and Emilia Farida, L., (2018). Potensi dan Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Sungai Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Banjarmasin. In: Proceeding of National Conference on Asbis. Banjarmasin.

Pasha, M.F., Siti Munawaroh, R. and Thoria, A., (2021). Peran Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Rumah Anno 1925 di Siring Tendean Banjarmasin. Jurnal Managemen dan Akuntansi, 22(April), pp.70–75.

Pradana, H. A. (2020). Pengembangan pariwisata pasar terapung Kota Banjarmasin. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15, pp.63–76.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56-67.

Putra, M. A. H., & Subiyakto, B. (2021, February). Ecological Awareness Based on Religious Activities. In 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 312-315). Atlantis Press.

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151-158.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), pp.1–10.

Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 159-168.

Sandi, H. A. A., Abbas, E. W., Mutiani, M., Handy, M. R. N., & Syaharuddin, S. (2022). Economic Value of Floating Net Fish Cultivation Activities in Banua Anyar. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 92-99.

Subiyakto, B., Mutiani, M. & Afrina, A. (2021, February). Siring Piere Tendean; Examine Patternans of Community Activity in the Public Room. In 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 296-299). Atlantis Press.

Sulaiman, S. (2021). Toleransi Antar Umat Beragama di Klenteng Soetji Nurani KotaBanjarmasin. Universitas Islam Negeri Antasari.

Syafruddin, E., Maskie, G. and Pasca Pratama, Y., (2014). Kajian Operasional Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 14(2), pp.38–57.

Syaharuddin, S. (2020). Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. In: International Seminar Strengthening Social Studies For The Twenty First Century (Memperkuat Pendidikan Ips Menghadapi Abad 21).

Syaharuddin, S., Arbainah, A., & Mutiani, M. (2020). Utilization of Wasaka Museum as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), pp.121–129.

Syahrin, M. A., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). Environmental Awareness of Kampung Hijau Society, Sungai Bilu Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 191-200.

Tifani, F. (2018). Nilai Karakter Aktivitas Sosial Keagamaan Kampung Arab Banjarmasin. Socius (Jurnal Kependidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(1), pp.72–87.

Uge Lawe, Y., Dopo, T. and Wungo Kaka, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), pp.134–145.

Wahyudi, W., (2012). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Multimedia Dengan Macromedia Flash 8.0 Untuk Mahasiswa S1 Pgsd Uksw. Satya Widya, 28(1), pp.55–72.

Yuniarti, D., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). Economic Activities in kuin floating market as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 130-140.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License