MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM KEGIATAN MENGGUNTING MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BAHAN BEKAS DI TK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 siklus. Setting penelitian dilaksanakan di TK Anggrek DWP Unlam yang berjumlah 12 orang (6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan). Teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara, dan dokumentasi, penilaian perkembangan motorik halus. Hasil penelitian menemukan bahawa dengan menggunakan kombinasi model project based learning dan metode demonstrasi dengan media bahan bekas. hasil perkembangan motorik halus mencapai 100% dengan kategori Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif masukan dalam pemilihan model pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Hari, S., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya (A. H. Prasetyo (ed.); 1st ed., Vol. 4, Issue 1). Penerbit Adab.
Adelia, W., & Hananik, I. (2023). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Ekspresif) melalui Metode Bercerita, Media Gambar Seri, dan Model Talking Stick. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 1–8.
Anisa, A., & Faqihatuddiniyah, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga Pada Anak Kelompok B Ra Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 33.
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas (A. Suriansyah (ed.); 1st ed.). Rajawali pers.
Asmara, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting di Kelompok A Tk Khadijah Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23.
Faiz, F. (2012). Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). In Educhild (Vol. 01, Issue 1).
Faridah, F. (2022). Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. Journal of Education and Teaching, 3(1), 95.
Helmiati. (2013). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Hendri, N. (2019). Lingkungan Pembelajaran yang Produktif dan Kondusif. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 7(iv), 1–9.
Irawati, H., & Anggreani, C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Geometri dengan Model Discovery Learning Kombinasi Metode WBT Menggunakan Bahan Alam Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2), 1–8.
Iryanti, D. E., & Maimunah. (2023). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk, Warna dan Ukuran Menggunakan Model Problem Based Learning dan Media Puzzle Shape pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 20–31.
Jiwandono, Ji. S., Degeng, N. S., & Kusmintardjo. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.
Karmiyanti, R., D S, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 163–172.
Kustiyowati. (2020). Implementasi Strategi Menggunting Bentuk Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Implementation of Scouting Strategy Form of Geometry in Improving Smooth Motor Ability of 4-5 Years in Kindergarten. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 15–25.
Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Mujahaddah, Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Model Number Head Together, Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1–7.
Norhikmah, & Rini, T. P. W. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak dengan Menggunakan Model Project Based Learning dan Metode Eksperimen. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 10–20.
Novitawati, & Mutiarany. (2016). Upaya Mengembangkan Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Metode Demonstrasi Dikombinasikan Dengan Metode Proyek Menggunakan Teknik Mozaik Bahan Dasar Beras Dan Biji-Bijian Pada Kelompok B Di Tk Taruna Banjarmasin. Ucv, I(02), 390–392.
Nuraeni, N. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA “PRISMA SAINS,” 2(2), 143.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160.
Nurjani, Y. Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85–92.
Nurlaili. (2019). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 07(01), 93–110.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Nurviani, I., & Jamain, R. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Memahami Bahasa Ekspresif melalui Metode Bercerita menggunakan Media Boneka Tangan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 35–41.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., & Alam, M. D. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif ( fatma sukmawati (ed.); 1st ed.). Pradina Pustaka.
Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (1st ed., Vol. 3, Issue 1). Edu Publisher.
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, F., Yanti, Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2020). Pengantar Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Qomariah, N., & Cinantya, C. (2024). Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Kognitif dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Model PANDAI pada Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 10–20.
Rahma, K., & Anggreani, C. (2024). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Menggunakan Model PJBL dan Media Loose Parts pada Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 21–30.
Rofiatun, R., Aeni, K., & Hartono, H. (2023). Peranan Orang Tua Membentuk Kedisiplinan Anak dalam Mengerjakan Tugas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1186–1198.
Salsabilla, A. G., & Wahyudi, M. D. (2024). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Menggunakan Model Cooperative Learning, Metode Bercerita, Metode Reward and Punishment. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 31–39.
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.
Sugiarto. (2021). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, Volume 1 n, 41–48.
Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji (ed.); 8th ed.). PT Indeks.
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (U. Suryani dan Rahmawati (ed.); 1st ed.). Sinar Grafika Offset.
Wahyudi, M. D., Cinantya, C., & Maimunah. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. CARMIN: Journal of Community Service, 1(2), 34–38.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats