MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK A TK MEKAR SARI BALANGAN

Nurul Muzdalifah, Novitawati Novitawati

Abstract


Permasalahan penelitian ini yaitu sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya. Anak TK Kelompok A belum mengenal persis nama benda yang ada disekitarnya. Hal ini disebabkan oleh sifat pasif dan kurangnya rasa percaya diri anak. Upaya pemecahan masalah tersbeut adalah dengan menggunakan kombinasi Model Problem based learning dan Metode Tanya Jawab. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas hasil capaian kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas serta dianalisis secara kualitatif. Jumlah anak di kelompok A yaitu 10 yang dijadikan sebagai subjek. Hasil menunjukkan  bahwa aktivitas guru selalu mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan ketiga mencapai skor 22 yang berkategori Sangat Baik. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan, pada pertemuan ketiga yaitu 100% berkembang sangat baik

Keywords


Kognitif, Project Based learning, Benda, Fungsi, Tanya Jawab.

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Aminah, M., & Radiansyah. (2021). Developing Cognitive Development of Children Using Combination of Rection Model of Group B1 at Islamic Bakti 1 Banjarmasin. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(2), 1–8.

Anggreani, Chresty. (2022). Bimbingan Teknis Perancangan Pembelajaran STEAM Bagi Guru PAUD. JCES (Journal of Character Education Society) Vol. 5 No. 1.

Asniwati, Fauzi. A. Z & Rahimah, L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Make A Match pada Kelas IV SDN Pekauman 3. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1).

Azkia, K., & Sakerani. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan SAVI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 42–49.

Darmiyati, Ike Hananik, Faqihatuddiniyah. (2021). Pengembangan Model Penilaian Autentik Menggunakanpendekatan Saintifik Berbasis Karakter Pada Anak Usiadini Di Daerah Aliran Sungai Barito. Seminar Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan

Faudina, G., & Novitawati. (2022). Developing Fine Motor Skills Using The Explicit Instruction Model and Assigning Tasks in Cutting Out Patterns Group B in Baitul Makmur Islamic Kindergarten Banjarmasin. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 2(2), 11–19.

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25.

Ike Hananik, Faqihatuddiniyah. (2021). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Masa Pandemic Covid-19 Bagi Guru Tk Di Daerah Pelaihari Tanah Laut Kalimantan Selatan. Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat)

Maulidia, D. S., & Wahyudi, M. D. (2022). Developing Children’s Religious and Moral Values in Recognizing Good and Bad Behavior by Using a Combination of Problem Based Learning (PBL) Model and Talking Stick Model with Pop Up Book Media in Group B. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 2(2), 1–10.

Muflihah, Ai. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152-160.

Novitawati, & Qibtiah, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Koperasi dalam Perekonomian Melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share Variasi dengan Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 9(2), 1–23.

Nurhanifah, D., & Rachman, A. (2024). Mengembangkan Kemampuan Menceritakan Kembali Menggunakan Model Direct Instruction dan Talking Stick dengan Media Boneka Tangan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 1–9.

Nursyafitri, A., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking stick dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 28–34.

Pratiwi, P. E., & Zahro, I. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini dan Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Sentra Bermain Peran. Yogyakarta: Nusamedia.

Purwanti, Ratna. (2019). Pengenalan Aspek Bahasa (Bahasa Inggris) Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 135-145

Rehny, Z., & Permatasari, N. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif pada Proses Sains Menggunakan Model Project Based Learning Kelompok A TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2), 18–24.

Roberts, Marina. et. al. (2022). The Effects of Nutritional Interventions on the Cognitive Development of Preschool-Age Children: A Systematic Review. Mississippi: Department of Food Science.

Rosmauli, Catheriena & Sri Watini. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. Bekasi: Universitas Panca Sakti.

Sanjaya, Wina. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suriansyah, A., Aslamiah., Sulaiman. & Noorhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suriansyah, Ahmad, Aslamiah, dan Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan “Perspektif Guru Profesional. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ulpah, Y. S., & Sunarno. (2023). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bentuk melalui Metode Bermain Klasifikasi. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2), 25–33.

Wulandari, Heny, et. al. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Lampung: UIN Raden Intan.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats