MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS BELAJAR DAN ASPEK BAHASA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR

Destiria Maharani, Celia Cinantya

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas anak dan aspek bahasa anak dalam mengenal keaksaraan awal yang belum berkembang. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik, pembelajaran bersifat satu arah, dan abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan aspek bahasa dalam mengenal keaksaraan awal anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Kristen Betlehem pada kelompok B yang berjumlah 19 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis menggunakan analisis deskripsi dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil temuan menunjukkan aktivitas guru, motivasi, aktivitas anak dan perkembangan bahasa anak mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pertemuan 3 aktivitas guru mendapatkan kategori sangat baik, motivasi anak secara klasikal mencapai kategori seluruh anak termotivasi, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori seluruhnya aktif, begitu juga dengan hasil perkembangan bahasa anak mencapai kategori seluruhnya berkembang.


Keywords


Motivasi, Aktivitas, Bahasa, Keaksaraan Awal, Direct Instruction, Make A Match, Media Kartu Huruf Bergambar

Full Text:

PDF

References


Agung, A., & Sambawarana, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 446–452.

Agusta, A. R., & Suriansyah, A. (2020). 98 Model Pembelajaran Bermuatan Pemecahan Masalah Literasi Kolaborasi dan Learning is Fun.

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 36–44.

Amalia, & Maimunah. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 21–30.

Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 112–130.

Ariana, L., & Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus melalui Kombinasi Model Project Based Learning dan Model Direct Instructions pada Kegiatan Mozaik. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 32–41.

Arnafama, P. M. H., & Sari, D. D. (2023). Mengembangkan Aspek Motorik Halus Menggunakan Model Problem Based Learning, Model Examples Non Examples Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 1–8.

Cahyaningsih, A., & Sujana, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Kelompok B TK Negeri Pembina Surakarta Tahun 2015 / 2016. 1–8.

Darmiyati, & Jannah, A. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas. Jurnal Paud, 1(2), 7–16.

Fadillah, M., Filasofa, L., Wantini, Akbar, E., & Fauziyah, S. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan Edisi Pertama. Kencana Prenadamedia GROUP.

Listriani, A., Hapidin, & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591–598.

Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92–97.

Matin, R. H., Rohaety, E. E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini pada Kelompok B untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal di TK Nusa Indah. JURNAL CERIA, 2(2).

Nafiqoh, H., Aprianti, E. M. A., & Rohaeti, E. E. T. I. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 9–15.

Nelawati, N. C., Karsono, & Palupi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 394–402.

Nisa, Z., Amal, A., & Nilawati, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar. Profesi Kependidikan, 2(1), 225–234.

Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi). Yogyakarta: Deepublish.

Norjanah, H., & Asmar, M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral melalui Kombinasi Model Examples Non Examples dengan Model Number Head Together (NHT) dan Make a Match Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 13–18.

Nurjanah, S., Nurrohmah, E., & Zahro, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi. JURNAL CERIA, 1(1), 393–398.

Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–97.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Group.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Ẽl-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 98–111.

Ramadina, & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas dan Motorik Halus Anak Kelompok A dalam Membuat Garis Sesuai Pola melalui Model Coklat di TK ABA 1 Pagatan. JIKAD: Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini, 2(1).

Rasiman, Sutrisno, Kartinah, & Prasetyowati, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SMP Negeri 37 Semarang melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19–28.

Rezkya, J., & Faqihatuddiniyah. (2024). Mengembangkan Motorik Halus (Menggunting) Menggunakan Model Direct Instruction dan Media Gambar pada TK Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 40–49.

Rumina, & Jamain, R. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita dan Model Talking Stick melalui Media Papan Cerita Bergambar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 42–49.

Salsabila, N., & Novitawati. (2021). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Aktivitas Eksploratif melalui Model Picture and Picture, Metode Eksperimen dengann Media Loose Parts. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 42–51.

Samiyah, & Anggraeni, C. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita dengan Cerita Rakyat di TK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52–60.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12.

Suriansyah, Ahmad, D. (2014). Strategi Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Comdes.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya Edisi Pertama. Kencana Prenadamedia Group.

Uno, H. b. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Penelitian. Bumi Aksara.

Yulianti, E., & Rachman, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick dengn Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats