MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE, DIRECT INSTRUCTION DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B3

Hizratun Nisa, Ririanti Rachmayanie Jamain

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan melipat masih belum berkembang. Upaya dalam menyelesaikan masalah tersebut melalui pembelajaran menggunakan model picture and picture, direct instruction dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan motorik halus anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok B3 RA Datu Abulung Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Padi dapat mengembangkan motorik halus anak pada kategori Berkembang Sangat Baik dengan persentase 100%.


Keywords


Motorik Halus, Melipat, Origami, Model Padi

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Kencana.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 2, No. 2, Hal. 60-61.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Mariati, D. P., Raga, I. G., & Pudjawan, K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Shanti Kumara III Sempidi. Jurnal PAUD UNDIKSHA, Vol. 2, No. 1, Hal. 8-9.

Mayasari, K. R. (2014). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Kelompok B4 Di Tk Masjid Syuhada Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Metroyadi, & Mardhiah, A. (2018). Efforts To Develop Children Fine Motor Skills Through Sticking Picture Properly By Using Combination Of Explicit Instruction Model And Assignment Media Utilizing Natural Materials. Journal of K6 Education and Management, 19-24.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasihuddin, A. (2016). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Dengan Berbagai Media Pada Anak Kelompok B3 Di Tk Aba Karangmalang. Pendidikan Guru PAUD S-1, Vol V No 8 hal 852-854.

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Siregar, A. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Sobariyah, K., Wirya, I. N., & Sudat, I. G. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Amartha Kumara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal PAUD UNDIKSHA, Vol. 1, No.1 Hal.7-9.

Suasti , N. A. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Kegiatan Melipat Berbantuan Media Kertas Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taniredja, T., & dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Utiarahman, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Menganyam Kertas Dan Melipat Kertas. Jurnal Ilmiah IQRA, Vol. 12, No. 2, Hal. .

Widayati, S., Simatupang, N. D., Aprianti, & Maulidiya, R. (2020). Kegiatan Melipat Kertas Lipat Bermotif Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal PAUD Al-Athfaal, vol 3, no.1 hal 4.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats