MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL POKEMON PADA KELOMPOK B TK CAHAYA ABADI HULU SUNGAI TENGAH

Nurul Fauzatun Nisa, Ali Rachman

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini karena rendahnya kemampuan kognitif anak dalam menyesuaikan bilangan dengan lambang bilangan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya peningkatan menggunakan model POKEMON (kerjasama kelompok/cooperative learning, make a match, demonstration). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan guru, kegiatan siswa, dan perkembangan kognitif anak. Pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini, yang mana dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan . Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Cahaya Abadi Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 8 anak. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan anak, serta lembar kerja anak secara berkelompok. Analisis data secara kualitatif kegiatan guru mencapai > 20 dengan kriteria “baik”, kegiatan anak memperoleh > 10 dengan kriteria “aktif”, dan hasil perkembangan kognitif anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru pada setiap pertemuan terlaksana dengan sangat baik, sementara itu kegiatan anak mengalami peningkatan menjadi aktif dan sangat aktif, serta perkembangan kognitif juga mengalami peningkatan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).


Keywords


Kognitif, Cooperative Learning, Make A Match, Demonstration.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aslamiah, A. S. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.

Asniwati. (2016). Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin. Jurnal Paradigma.

Darmiyati, R. K. (2015). Penerapan Model Kooperatif Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ernawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak TK Dalam Materi Konsep Bilangan Melalui Model Maka A Match. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5-10.

Kunandar. (2012). Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Latif, M. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Milliannoor, M. (2017). Upaya Mengembangkan Kognitif dalam Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan Melalui Model Make A Match di Kelompok B TK. Aisyiyah 6 Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 2(2), 95-109.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, D. E. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/PAUD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, (pp. 77-85).

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Setyaningrum. (2014). Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 234-249.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suriansyah, A. (2013). Panduan Penulisan Karya Ilmiah Program PGPAUD dan PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Suriansyah, A. (2014). Hubungan Budaya Sekolah, Komunikasi, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Cakrawala Pendidikan, 358.

Suyadi. (2019). Metode Demonstrasi Sebagai Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 13-24.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats