Biography K. H. Idham Chalid: Study The Value of Nationalism as a Learning Resource on Social Studies

Bambang Subiyakto, Mutiani Mutiani, Reni Ridati

Abstract


Integrasi nilai nasionalisme dari Idham Chalid sebagai sumber belajar IPS dimaksudkan agar khalayak mendapat pengetahuan dan pemahaman pentingnya nilai nasionalisme dan menghargai perjuangan pahlawan nasional dari Kalimantan Selatan. Pendekatan kualitatif dan metode biografi digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dipakai dengan model Miles dan Huberman yakni: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian dipaparkan menjadi dua bagian, yaitu: 1) biografi Idham Chalid dari mulai pada masa kecil sampai wafat, dan 2) nilai nasionalisme yang muncul dari biografi Idham Chalidberupa kerelaan berkorban, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan sifat berani. Keseluruhan nilai ini relevan dijadikan sumber belajar IPS. Relevansi nilai nasionalisme sebagai sumber belajar IPS didasari oleh analisis muatan materi pelajaran IPS pada kelas VIII. Dengan demikian, penelitian berkontribusi bagi guru dan peserta didik karena dapat mengintegrasikan nilai nasionalisme pada pembelajaran IPS sebagai sumber belajar.

Keywords


Biografi; Nilai Nasionalisme; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Al Muchtar, S. (2007). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti.

Novyana Dwi, A. (2016). Pendidikan Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran di kelas III SD Negeri Mejing Kalibawang. Universitas Negeri Yogyakarta, 5(35), 3307–3316.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). HandBook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan kedelapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia.

Enggarwati, G. (2014). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran SOCIAL STUDIES Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sumampir. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/13730/

Hidayatullah, N. (2016). Idham Chalid Dimensi Spiritual Negarawan Agamis. Banjarmasin: Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai.

Kartodirdjo, S. (1999). Dinamika Nasionalisme Indonesia. Salatiga: Yayasan Bina Darma Memahami Nasionalisme.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Muhajir, A. (2007). Idham Chalid, Guru Politik Orang NU. Yogyakarta: PT LKisS.

Mutiani, M. (2015). Reaktualisasi Pengamalan Nilai Pancasila untuk Demokrasi Indonesia. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(2), 176-183–183. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2822

Subiyakto, B. (2015). SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI: UPAYA DAN AJARAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Other, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/22774/10/D_SOCIAL STUDIES_0908582_Appendix.pdf

Sumaatmadja, N. (1980). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats