Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies

Syaharuddin Syaharuddin, Akhmad Munaya Rahman, Ridha Fitriyani

Abstract


Kondisi sosial budaya masyarakat Banjar memiliki potensi terhadap pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. Kondisi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru IPS di sekolah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru IPS dalam mendesain pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan mellaui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar dimulai dengan menyiapkan silabus terlebih dahulu sebagai acuan dalam penyusunan. Selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran yang dapat diukur dengan kata kerja operasional. Kemudian mengidentifikasi lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pemanfaatan lingkungan sosial budaya ke dalam perencanaan pembelajaran IPS menyajikan berbagai hal yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dan tidak terbatas oleh dinding kelas.


Keywords


Perencanaan; Lingkungan Sosial Budaya; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.

Djam’an Satori, & Aan Komariah. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama.

Kunandar. (2013). Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mufid, S. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Negeri Paron Ngawi. Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 199.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. JURNAL PENDIDIKAN MADRASAH: (Journal of Madrasah Education), 2(1), 13–22.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Cetakan pertama). Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats