Biography of Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari: An Investigation of Value in the Spread of Islam as a Learning Source on Social Studies
Abstract
Biografi tokoh penting disekitar lingkungan peserta didik dapat dijadikan sumber belajar kontekstual dan sejalan dengan tujuan kurikulum pendidikan Tahun 2013. Riwayat hidup Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam Penyebaran Agama Islam tidak hanya mengajarkan cara mencerdaskan diri dengan pengetahuan tetapi juga mengajarkan perilaku kerja keras, cinta tanah air, dan religius. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dan menganalisis nilai-nilai dari biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam penyebaran agama Islam sebagai sumber belajar IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Martapura yang mengetahui Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Syekh Muhammad Nafis lahir di Martapura Tahun 1735 (1148 H) dan meninggal dunia di Kelua, Kabupaten Tabalong pada Tahun 1812. Beliau adalah keturunan Kesultanan Banjar dan silsilahnya bersambung hingga ke Sultan Suriansyah. Nilai biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dalam menyebarkan Agama Islam yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS adalah nilai kerja keras, cinta tanah air dan religius yang dapat diimplementasikan pada pelajaran IPS ditingkat Sekolah Dasar kelas V dan Sekolah Menengah Pertama kelas VII dan VIII. Nilai biografi Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari dapat memberikan tuntunan dalam menjalani kehidupan agar menjadi pribadi yang lebih baik.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Muchtar, S. (2015). Epistemologi Pendidikan Ilmu Sosial. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
Arianingsih, S., Darsono, D., & Mugiadi, M. (2013). COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Jurnal Pedagogi, 1(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1504
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Retrieved from //library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=3996&keywords=
Nasir, M. N., Haliff, M. S. A., & Mohd Asri Ishak. (2017). Hadith-Hadith dalam Kitab Al-Durr Al-Nafis Karangan Sheikh Muhammad Nafis Idris Al-Banjari: Takhrij dan Ulasan. PERSIDANGAN ANTARABANGSA PENGAJIAN ISLAMIYYAT KALI KE-3 (IRSYAD2017) 3rd INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIYYAT STUDIES (IRSYAD2017) ةيملاسلإا تاساردلل ثلاثلا يلودلا رمتؤملا (IRSYAD2017), (1046), 410–423.
NC, F. S. (2005). Teknologi pendidikan. RASAIL.
Ningrum, A. O. C. (2015). Analisis Pengamen Jalanan Di Kota Surakarta (Studi kasus Pengamen Jalanan di Kota surakarta) (S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/34004/
Rahmawati Duhri, D. (2014). PEMANFAATAN CANDI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN (Skripsi, UNY). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/23898/
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Subiyakto, B. (2015). SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI: UPAYA DAN AJARAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Other, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/22774/10/D_IPS_0908582_Appendix.pdf
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Bandung: Alfabeta.
Tim Sahabat. (2010). Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari. Kandangan: Toko Buku dan Penerbit Sahabat.
Widyaningtyas, I. (2017). Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari, Sufi Agung Nusantara. Retrieved from https://stit-muhammadnafis.uay.ac.id/syekh-muhammad-nafis-al-banjari-sufi-agung-nusantara/
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1254
Refbacks
Copyright (c) 2019 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats