Internalization Struggle Values Brigadier General Haji Hassan Basry Against Activities In Schools

Al Hidayatullah, Heru Puji Winarso

Abstract


Penelitian ini adalah mengetahui tentang nilai kejuangan Brigjend Haji Hassan Basry pada Periode Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan dan relevansi nilai-nilai Kejuangan ke dalam aktivitas di sekolah sebagai sumber belajar IPS. Rumusan masalah pada penelitian ini, biografi Brigjend Haji Hassan Basry, nilai kejuangan Brigjend Haji Hassan Basry pada Revolusi Fisik serta relevansi nilai-nilai tersebut didalam aktivitas sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biografi Brigjend Haji Hassan Basry, mengetahui nilai-nilai kejuangan Brigjend Haji Hassan Basry pada revolusi fisik dan mengetahui relevansi dalam aktivitas sebagai sumber belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif dengan subyek penelitian keluarga, guru mata pelajaran IPS, akademisi/sejarahwan dan tokoh seperjuangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tahapan 1) Wawancara. 2) Observasi. 3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perjuangan merupakan salah satu nilai yang ada pada seorang pahlawan, seorang pahlawan rela berkorban demi bebas dari penjajah dan penindasan Belanda. Brigjend Haji Hassan Basry adalah salah satu tokoh revolusi fisik Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggali nilai-nilai kejuangan Brigjend Haji Hassan Basry, sebagai kajian relevansi melalui aktivitas di sekolah.


Keywords


Brigjend. Hassan Basry; Nilai; Aktivitas Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Masyarakat Dan Kebudayaan Banjar Sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Transformasi Nilai-Nilai Budaya Banjar Melalui Ajaran dan Metode Guru Sekumpul (Disertasi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Basry, H. (2003). Kisah Geriya Kalimantan Jilid I dan Jilid II. Banjarmasin: Yayasan Bhakti Banua.

H. B. Sutopo. (2006). Metode penelitian kualitatif. Surakarta: UNS PRESS.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Miles, Mathew B., Tjetjep Rohendi Rohidi, Mulyarto, & Huberman, A. Michael. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Muhammad Numan Somantri, Rohmat Mulyana, & Dedi Supriadi. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS : memandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M.SC. Guru Besar Senior PPS dan FPIPS UPI. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Cet. Ke-1). Bandung: Alfabeta.

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2005). Manajemen Penelitian. Rev.Ed. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats