The Influence of Discipline on the Al-Falah Islamic Boarding School Student Association (HPPA) on the Social Capital of Santriwati Socials

Amirah Amirah, Bambang Subiyakto, Melly Agustina Permatasari

Abstract


Artikel berikut memaparkan pengaruh kedisiplinan himpunan pelajar Pondok Pesantren Al-falah Puteri Banjarbaru. Sebagai artikel berbasis penelitian asosiatif, populasi penelitian seluruh santriwati pondok pesantren Al-falah puteri dengan sampel 211 responden yang ditentukan ditentukan menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dengan instrumen berupa angket dan tes dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa nilai kedisiplinan sebesar 85,97 % dengan kategori sangat tinggi, dan modal sosial pada kategori tinggi dengan nilai persentase 78,26 %. Terdapat pengaruh signifikan antara kedisiplinan pada himpunan pelajar pondok pesantren al-falah (HPPA) terhadap modal sosial santriwati.


Keywords


Kedisiplinan; Modal Sosial; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Abbas, E. W., Hadi, S., & Rajiani, I. (2019). “ GURU SEKUMPUL” AS THE PROPHETICAL MODEL OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION FROM ISLAMIC PERSPECTIVE. Proceedings of ADVED. https://www.ocerints.org/adved19_e-publication/papers/69.pdf

Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2019). Social Life of Santri in the Bank of Martapur River as the Learning Sources of Social Science Studies. Social Life of Santri in the Bank of Martapur River as the Learning Sources of Social Science Studies. http://eprints.ulm.ac.id/5455/

Cahyono, B., & Adhiatma, A. (2020). Peran Modal Sosial Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Petani Tembakau Di Kabupaten Wonosobo. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 1(1), 131–144.

Fachrurrozi, F., & Ibrahim, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan disiplin siswa dalam belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–6.

Gitosudarmo, I., & Sudita, I. N. (2000). Perilaku keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.

Gordon, T. (1996). Mengajar anak berdisiplin diri di rumah dan di sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasim, M., & Permatasari, M. A. (2019, January 18). PENGARUH LATAR BELAKANG SEKOLAH DAN PENGETAHUAN AWAL AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNLAM BANJARMASIN [Other]. http://eprints.ulm.ac.id/4990/

Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin) [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8289/

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151–158. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2053

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MADRASAH ALIYAH DI KECAMATAN PRAYA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Subiyakto, B., & Mutiani. (2020). Learning Motivation In Street Children (Case Study on Street Children Who Attend School in Public Elementary School (Sekolah Dasar Negeri/SDN) Mawar 2 Banjarmasin). 264–270. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200803.033

Subiyakto, B., Sari, N. P., Mutiani, M., Faisal, M., & Rusli, R. (2020). Bonding Social Capital in Social Activities of Urang Banjar in the Martapura Riverbank. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2307

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1253

Syaharuddin, S., Subiyakto, B., ABBAS, E. W., & Rajiani, I. (2019, November 13). Commemoration Day in the Loving Memory of Famous Ulema as a Model of Enhancing Solidarity. Proceedings of the 34th International Business Information Management Association Conference (IBIMA). http://eprints.ulm.ac.id/8592/

Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 5(1), 1–22.

Yaqin, H. (2010). Sistem Pendidikan Pesantren di Kalimantan Selatan.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats