The Use Videos of Wood Bussines Seller of Galam (Melaleuca Cajuputi) as a Learning Resources on Social Studies

Hasymi Syarif, Bambang Subiyakto, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Sumber belajar video membantu peserta didik untuk memahami materi pelajaran yang diintegrasikan dalam pembelajaran. Artikel ini mendeskripsikan pemanfaatan video berdasarkan usaha penjual kayu galam di Desa Pengayuan sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian. Menggunakan metode kualitatif, pemanfaatan Video aktivitas ekonomi penjual kayu galam di Desa Pengayuan ini dipraktekkan pada pembelajaran IPS kelas VII F dan kelas VIID di SMP 6 Banjarmasin. Pembelajaran menggunakan sumber belajar video menjadikan peserta didik termotivasi dan antusias dalam pembelajaran karena lebih mudah dimengerti dan kontekstual sehingga meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik yang meningkatkan prestasi belajar.


Keywords


Pembelajaran; Video; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2020). MANAGING INFORMATION SYSTEMS BY INTEGRATING INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL AND THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY. Polish Journal of Management Studies. https://pjms.zim.pcz.pl/resources/html/article/details?id=196828

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Social Studies & History Education "Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning." http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Bungin, B. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Deddy, M. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed: Vol. XXV. Pustaka Pelajar. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=15

Lestari, J. A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Production Activities of Kampung Purun Banjarbaru as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2091

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian.

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Nadya, P. (2012). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB 20 KOTA SOLOK. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jupe8580.64

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung). Tarsito. //library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2773&keywords=

Suryabrata, S. (2018). Metodologi Penelitian. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/metodologi-penelitian/

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Yudhi, M. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats