Biography of Ruzaidin Noor: Study of The Educational Values as a Learning Resources on Social Studies

Mahmudah Mahmudah, Syaharuddin Syaharuddin, Mahmudah Hasanah

Abstract


Integrasi nilai pendidikan Ruzaidin Noor sebagai sumber belajar IPS dimaksudkan agar peserta didik tidak hanya mendapat transfer pengetahuan, melainkan dapat mengembangakan sikap dan keterampilan melalui biografi Ruzaidin Noor. Pendekatan kualitatif dengan metode biografi digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yakni: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian memastikan bahwa Ruzaidin Noor merupakan sosok walikota Banjarbaru pada periode 2010-2015 yang mendedikasikan diri untuk membangun kota Banjarbaru dengan mencerminkan nilai pendidikan yaitu kerja keras, religius dan peduli sosial. Nilai-nilai pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS untuk menghadapi problematika dalam pembelajaran.


Keywords


Biografi; Nilai Pendidikan; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan. http://eprints.ulm.ac.id/8232/

Abbas, E. W. (2013a). Masyarakat Dan Kebudayaan Banjar Sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Transformasi Nilai-Nilai Budaya Banjar Melalui Ajaran dan Metode Guru Sekumpul [Thesis (Bachelor)]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Abbas, E. W. (2013b). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2016). Developing Education Based on Nationalism Values The Proceeding of International Seminar: Building Education Based on Nationalism Values. FKIP Unlam Press. http://eprints.ulm.ac.id/4175/

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education "Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning." http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Handy, M. R. N., & Fatimah, S. N. (2019). Biography of Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari: An Investigation of Value in the Spread of Islam as a Learning Source on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1254

Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru (Vol. 2008). PT. Remaja Rosdakarya. //library.fis.uny.ac.id%2Fopac%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D3135%26keywords%3D

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Putro, H. P. N., & Jumriani, J. (2020). KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI A SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8238/

Subiyakto, B. (2015). SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI: UPAYA DAN AJARAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/22774/10/D_IPS_0908582_Appendix.pdf

Syaharuddin, S. (2018, July 18). Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. International Seminar Strengthening Social Studies For The Twenty First Century (Memperkuat Pendidikan IPS Menghadapi Abad 21). http://eprints.ulm.ac.id/3843/

Syaharuddin, S., Hasanah, M., & Ulfah, M. (2018, November 6th). The Values Of Hard Work And Creativity In The Biography Of Yustan Aziddin As A Learning Sources Of Social Studies Education. The 3rd International Seminar on Social Studies and History Education (ISSSHE) 2018, Bandung. http://eprints.ulm.ac.id/6202/

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zubaedi, Z. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats