Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin

Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Mutiani Mutiani, Jumriani Jumriani, Syahrul Ramadhan, Rahmatina Rahmatina

Abstract


Penerapan teknologi di bidang pendidikan yang saat ini masih terus di kembangkan adalah Learning Management System (LMS). Pandemi COVID-19 memaksa pendidik untuk menggunakan LMS guna menjalankan pembelajaran lebih optimal. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan LMS untuk kegiatan pembelajaran menggunakan ruang kelas dari fitur Ruang Guru. Metode yang digunakan adalah ceramah dimodifikasi dengan pertemuan virtual di google meet. Hasil kegiatan, mendeskripsikan permasalahan pembelajaran daring, teridentifikasi menjadi 5 permasalahan, yaitu: 1) Ketidaklancaran jaringan internet jadi kendala utama dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, 2) Keterbatasan biaya untuk pembelian gadget (handphone maupun device lain) untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, 3) Keterbatasan biaya untuk akses internet bagi peserta didik, 4) Keterbatasan waktu bagi orang tua untuk mendampingi peserta didik saat pembelajaran, dan 5) Keterbatasan keterampilan pemanfaatan teknologi bagi pendidik untuk menunjang keberhasilan pembelajaran jarak jauh. LMS berbasis cloud atau sistem komputasi memungkinkan peserta pelatihan mengakses materi belajar tanpa batas. Device yang bisa dimanfaatkan, seperti: laptop, PC, tablet, atau bahkan smartphone. Selama terhubung dengan koneksi internet, maka seluruh peserta bisa mengakses materi belajar tanpa batasan kapan saja dibutuhkan. Tanpa harus mengesampingkan tanggung jawab serta target-target lain yang perlu dicapai. Ruang Guru menyediakan fitur baru bernama Ruang Kelas guna mendukung sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 agar proses belajar mengajar bisa berjalan lancar. Fitur Ruang Kelas adalah layanan learning management system yang dimanfaatkan sebagai sarana kelas virtual guru dan peserta didik.


Keywords


Learning Management System; LMS; e-learning; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2020). MANAGING INFORMATION SYSTEMS BY INTEGRATING INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL AND THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY. Polish Journal of Management Studies. https://pjms.zim.pcz.pl/resources/html/article/details?id=196828

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, H., & Sugono, D. (2011). Politik Bahasa. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. http://repositori.kemdikbud.go.id/1779/

Ametembun, N. (1993). Supervisi Pendidikan. Bandung: Suri.

Amiroh, A. (2012). Kupas Tuntas Membangun E-Learning Dengan Learning Management System Moodle Ver. 2: Kupas Tuntas Membangun E-Learning Dengan Learning Management System Moodle Ver. 2. Sidoarjo: Genta Group Production.

Djaali, H. (2008). Psikologi Pendidikan (Vol. 138). Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, E., & Zhuang, H. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi.

Fatimah, F., Rajiani, S., & Abbas, E. (2020). Cultural and Individual Characteristics in Adopting Computer-Supported Collaborative Learning During Covid-19 Outbreak: Willingness or Obligatory to Accept Technology?. Management Science Letters, 11(2), 373-378.

Freire, P. (2001). Pedagogi Pengharapan: Menghayati Kembali Pedagogi Kaum Tertindas. Yogyakarta: Kanisius.

Mutiani, M. (2018). Literasi Budaya Lokal Sebagai Wahana Edukasi Di Era Milenial. SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS 2018, Tema “Adopsi dan Adaptasi ICT dalam Pembelajaran IPS Bagi Generasi Milenial”, 19 September 2018, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Social Studies Based Learning Technology, Information, and Communication in SMP-SMIP 1946 Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 40-45.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R., & Mukhlis, M. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats