The Role of Caregivers as a Social Attitude Developer in The Children's Social Homes Budi Mulia Banjarbaru

Rizki Amelia, Herry Porda Nugroho Putro, Melly Agustina Permatasari

Abstract


Panti Sosial Anak merupakan lembaga untuk mendidik dan membina anak yang tidak lengkap orang tua, kurang beruntung dikarenakan hambatan fisik, psikologis, dan kognitif agar potensinya berkembang maksimal. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan peran pengasuh panti sosial. Artikel ini mendeskripsikan peran pengasuh dalam membina sikap sosial anak di Panti Sosial Anak Budi Mulia Banjarbaru. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan untuk keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian memastikan bahwa pengasuh di Panti Sosial Anak Budi Mulia Banjarbaru dalam menanamkan sikap sosial dengan cara mengajarkan dan membina untuk mengamalkan Al-Qur’an sebagai landasan hidup anak. Melalui pembinaan pengasuh tersebut mampu membentuk anak ber sikap sosial religius, disiplin, bertanggung jawab dan kerja sama.


Keywords


Peran; Pengasuh; Panti Sosial Anak

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan. http://eprints.ulm.ac.id/8232/

Abbas, E. W. (2017, November). Prophetic Education of Guru Sekumpul for Social Studies Education. 1st International Conference on Social Sciences Education - “Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment” (ICSSE 2017). https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.24

Abbas, E. W. (2018). Pemantapan Pemahaman Wajib Belajar 12 Tahun Melalui Pendampingan Pendidikan di Sekolah Bawang Banjarmasin [Laporan Penelitian]. http://eprints.ulm.ac.id/5103/

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education “Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning.” http://eprints.ulm.ac.id/5123/

Abbas, E. W., Subiyakto, B., Mutiani, M., Jamaluddin, J., & Syahrin, M. A. (2017). Kehidupan Sosial Santri di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. Kehidupan Sosial Santri Di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. http://eprints.ulm.ac.id/5122/

Abu, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2015). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer (Ed.1, Cet.ke-8). Rajawali Pers.

Hardian, F. (2006). Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara.

Mutiani, Mrs. (2017, November). Education and Multiculturalism: The Road Ahead Harmony in Globalization. 1st International Conference on Social Sciences Education - "Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment" (ICSSE 2017). https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.52

Mutiani, Mutiani, Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin) [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8289/

Pioh, E. Y., Kandowangko, N., & Lasut, J. J. (2017). PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS NETRA DI PANTI SOSIAL BARTEMEUS MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15473

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151–158. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2053

Rochaniningsih, N. S. (2014). DAMPAK PERGESERAN PERAN DAN FUNGSI KELUARGA PADA PERILAKU MENYIMPANG REMAJA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2618

Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Subiyakto, B. (2018). Laporan Penelitian: Eksplorasi Nilai Pendidikan Masyarakat Desa Sungai Rangas Ulu Kabuoaten Banjar Sebagai Sumber Belajar IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8968/

Subiyakto, B., & Mutiani. (2020). Learning Motivation In Street Children (Case Study on Street Children Who Attend School in Public Elementary School (Sekolah Dasar Negeri/SDN) Mawar 2 Banjarmasin). 264–270. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200803.033

Subiyakto, B., Mutiani, M., & Ridati, R. (2020). Biography K. H. Idham Chalid: Study The Value of Nationalism as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1251

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Alfabeta.

Syaharuddin, Abbas, E. W., Subiyakto, B., & Rajiani, I. (2019). STRENGTHENING THE SOCIAL SOLIDARITY VALUES THROUGH THE COMMEMORATION OF LEADING ULAMA. In ADVED 2019, 5rd International Conference on Advances in Education and Social Sciences Abstracts & Proceedings e-Publishing 21-23 October 2019, Istanbul, Turkey. Ocerint International Organization Center of Academic Research, Istanbul, Turkey. https://www.ocerints.org/adved19_e-publication/abstracts/a80.html

Syaharuddin, S., Abbas, E. W., Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). laporan penelitian: Penyuluhan dan Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/7135/

Yanto, B. (2018). PERAN ORANG TUA ASUHAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK HARAPAN BANGSA KALIANDA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4798/




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats