Inter-Regional and Inter-Island Trade at Ulin Raya Market as a Learning Resource on Social Studies

Ahmad Hafie, Bambang Subiyakto, Muhammad Adhitya Hidayat Putra

Abstract


Kegiatan ekonomi di pasar sebagai ajang perdagangan skala besar maupun skala kecil dapat dimanfaatkan sebagai Sumber Belajar IPS. Pasar Ulin Raya di Landasan Ulin Tengah, kota Banjarbaru, menampakkan kegiatan ekonomi distribusi sebagai perdagangan antar daerah dan antar pulau. Masalahnya, belum ada pemetaan terhadap perilaku pedagang, khususnya terkait kegiatan distribusi, sistem tata niaga dan pengelolaan stok (inventori), serta peranan pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan ekonomi perdagangan antar daerah dan antar pulau di Pasar Ulin Raya sebagai sumber belajar IPS menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu, perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member cek. Hasil penelitian menemukan bahwa Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarbaru membuat UPTD Pasar Ulin Rara untuk membina pedagang, pembeli dalam proses Perdagangan Antardaerah/antarpulau, dan menambah referensi pengajar dalam menggunakan sumber belajar sehingga dapat menjadi pembelajaran kontekstual bagi peserta didik.


Keywords


Kegiatan Ekonomi; Pasar Ulin Raya; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru. Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan. http://eprints.ulm.ac.id/8232/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Abbas, E. W., Mutiani, Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2021). Lok Baintan Floating Market: The Ecotourism Potential of Rural Communities. 368–371. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.060

Halisyah, N. (2019). Analisis Penerapan Akuntansi Pemerintahan (Studi Kasus Pada Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Banjarbaru). Ekonomi dan Bisnis Islam. https://idr.uin-antasari.ac.id/11619/

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47

Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103–109.

Junaidi, A., & Natarsyah, S. (2020). Model Aplikasi Pengelolaan Retribusi Pasar Berbasis Web Pada Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 75–84.

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110–120.

Maulidiyah, M., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 175–183. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2040

Murwanti, R. (2018). KARAKTERISTIK, PELUANG DANBENTUK INVESTASI INDUSTRI DAN PERDAGANGAN DALAM PERUMUSANSTRATEGI PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN PONOROGO. PROSIDING EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL, 1(1), Article 1. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PEKED/article/view/1290

Mutiani, M. (2015). PEMANFAATAN PUISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135–142.

Nasih, M., Abbas, E. W., & Syaharuddin, S. (2019). NILAI-NILAI HAUL GURU SEKUMPUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7226

Pujiwati, N. (n.d.). PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA.

Sa’roni, C. (2013). ANALISIS POTENSI PEREKONOMIAN KOTA BANJARBARU. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 13(2). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/133

Silfiana, S. (2018). OPTIMALISASI FUNGSI BADAN KERJASAMA PEMBANGUNAN (BKSP) DALAM RANGKA PEMBANGUNAN DAERAH KAWASAN JABODETABEKJUR. Jurnal Ekonomi-Qu, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.35448/jequ.v8i2.4451

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung. https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html

Syaharuddin, S., Susanto, H., & Putra, M. A. H. (2020). Portrait of Community Economic Activities in The River as a Learning Resources on Social Studies With Local Culture-Based. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 178-187.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Widiastuti, E. H. (2017). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS. Satya Widya, 33(1), 29–36. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Yuniarti, D., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). Economic Activities in Kuin Floating Market as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 130–140. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2028




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats