Improvement of the Teachers Quality of Distance Learning (PJJ) Plans during the Covid-19 Pandemic

Aidil Abdi Rachman

Abstract


Pembelajaran di masa pandemic Covid-19 merupakan tantangan bagi semua elemen pendidikan di Indonesia. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diharapkan menjadi solusi bagi pendidikan masa pandemic Covid-19, akan tetapi dalam praktik PJJ tidak sedikit guru gagap teknologi, malas membuat komponen-komponen administrasi pembelajaran dan media pembelajaran sehingga ini mempengaruhi terhadap keberhasilan pembelajaran. Artikel ini membahas siklus perkembangan perencanaan PJJ yang dilakukan guru. Menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan metode deskriptif memanfaatkan siklus-siklus yang dilakukan untuk menjelaskan hasil temuan, teknik pengumpulan data dengan langkah-langkah: 1. Perencanaan Tindakan; 2. Pelaksanaan Tindakan; 3. Pengamatan (Observasi). Hasil temuan menunjukkan bahwa pada siklus 1 banyak guru yang tidak melengkapi administrasi perencanaan PJJ baik pada silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Daftar Hadir (DH) dan Daftar Nilai (DN) peserta didik dengan perbaikan dan refleksi dialog kolaboratif. Pada siklus 2 menunjukkan kenaikan dalam persiapan kelengkapan administrasi perencanaan PJJ walaupun masih ada guru yang belum melengkapi tetapi tidak signifikan seperti temuan pada siklus 1, sehingga pelaksanaan evaluasi kepada para guru dengan pendekatan kolaboratif kembali dan pendampingan berkala dalam penyusunan perencanaan PJJ.


Keywords


Guru; Perencanaan; Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2020). MANAGING INFORMATION SYSTEMS BY INTEGRATING INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL AND THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY. Polish Journal of Management Studies. https://pjms.zim.pcz.pl/resources/html/article/details?id=196828

Abbas, E. W. (2020). Menulis di Era Covid-19: Memanage Trauma Psikologis Menghindari Psikosomatis. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/14066

Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17294

Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.35497/309163

Dewi, R. K. (2021). Masih Pandemi, Sampai Kapan Pembelajaran Jarak Jauh Dilakukan? Ini Penjelasan Kemendikbud... Halaman all—Kompas.com. Retrieved March 29, 2021, from https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/26/083200465/masih-pandemi-sampai-kapan-pembelajaran-jarak-jauh-dilakukan-ini-penjelasan?page=all

Fatimah, F., Rajiani, S., & Abbas, E. (2021). Cultural and individual characteristics in adopting computer-supported collaborative learning during covid-19 outbreak: Willingness or obligatory to accept technology? Management Science Letters, 11(2), 373–378.

Kemdikbud. (2020a). Belajar dari Rumah, Satuan Pendidikan dapat Pilih Platform Pembelajaran Jarak Jauh Sesuai Kebutuhan. Di akses 12 Maret 2021 melalui link https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/belajar-dari-rumah-satuan-pendidikan-dapat-pilih-platform-pembelajaran-jarak-jauh-sesuai-kebutuhan akses online yang tersedia pada website 3 April 2020.

Kemdikbud. (2020b). Pendidikan Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045. Di akses 12 Maret 2021 melalui link https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pendidikan-indonesia-menuju-indonesia-emas-2045/ akses online yang tersedia pada website 7 Mei 2020.

Mardiana, D., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). The Lesson Planning of Social Studies Learning in SMPN 1 Banjarbaru. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2308

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2019). Penerapan Transcript Based Lesson Analyses (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 7 Banjarmasin.

Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., Ramadhan, S., & Rahmatina, R. (2020). Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 31–38.

Purwanto, A. (2021, January 6). Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap 2020/2021: Latar Belakang, Panduan, dan Program Alternatif. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pembelajaran-tatap-muka-semester-genap-2020-2021-latar-belakang-panduan-dan-program-alternatif/

Rachman, A. A. (2020). Improving the Quality of Learning Through Academic Supervision (Study in SMP Negeri 14 Banjarbaru). The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 10–16.

Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Social Studies Based Learning Technology, Information, and Communication in SMP-SMIP 1946 Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 40–45.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. JURNAL MAPPESONA, 2(2), Article 2. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 131–135. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714

Sudarsono, F. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas: Bagian Kedua, Rencana, Desain dan Implementasi. Yogyakarta: UKMP SD, BP3SD.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. Abbas, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats