Basic Training at BPSDM of South Kalimantan Province as a Vehicle for The Formation of Civil Servant Disciplinary Attitudes
Abstract
Pada dasarnya tidak semua aparatur sipil negeri (ASN) memiliki citra positif dalam persepsi masyarakat. Hal tersebut terlihat misalnya dari kurangnya disiplin ASN. Untuk menyikapi hal tersebut Pemerintah Republik Indonesia melakukan Latihan Dasar (Latsar) bagi seluruh calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kegiatan selama Latsar CPNS dalam disiplin ASN. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, membercheck, menggunakan bahan referensi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan selama Latsar CPNS memberikan dampak positif terhadap pola sikap ASN, terutama dalam kedisiplinan ASN yang semakin meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2019, March 8). Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. Building Nation Character Through Education: Proceeding International Seminar on Character Education. http://eprints.ulm.ac.id/5479/
Achmad, S. R. (2003). Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas. Edisi Pertama: PT. Gramedia Utama Pustaka. Jakarta.
Amirullah, A. (2015a). Kepemimpinan dan kerja sama tim. Mitra Wacana Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1072768
Amirullah, A. (2015b). Manajemen Strategi Teori—Konsep—Kinerja. Mitra Wacana Media. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/103928/manajemen-strategi-teori-konsep-kinerja.html
Hisan, N. (2019, November 5). Berita—Memperbaiki Perilaku Aparatur Sipil Negara melalui Prajabatan Pola Baru. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/sekretariat-badan-memperbaiki-perilaku-aparatur-sipil-negara-melalui-prajabatan-pola-baru-2019-11-05-86aa0368/
Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan nonformal (PNF) bagi pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah Visi, 1(2), 14–18.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Ar-Ruzz Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1139873
Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Deepublish.
Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of the 21st century skills and social capital in social studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1-11.
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.
Panuntun, D. F. (2020). MODEL PEMURIDAN KONTEKSTUAL ANEKA BAGI ASN di KALANGAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN KRISTEN NEGERI. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/ab5rc
Patricia Jily Ayu Respati, 144010257, & Pembimbing I, D. I. R. (2018). ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BIDANG KOMPETENSI TEKNIS UMUM PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) PROVINSI JAWA BARAT [Other, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung]. http://fe.unpas.ac.id/
Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12-17.
Ruky, A. S. (2003). Sumber daya manusia berkualitas mengubah visi menjadi realitas: Pendekatan mikro praktis untuk memperoleh dan mengembangkan sumber daya manusia berkualitas dalam organisasi. Gramedia Pustaka Utama.
Santa, G. (n.d.). Modul Aktualisasi Nilai Nilai Dasar Profesi PNS. Retrieved March 29, 2021, from https://www.academia.edu/36614654/Modul_Aktualisasi_Nilai_Nilai_Dasar_Profesi_PNS
Sarbaini, Jumadi, Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2019). Managing e-learning in public universities by investigating the role of culture. Polish Journal of Management Studies, Vol. 20, No. 1. https://doi.org/10.17512/pjms.2019.20.1.34
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Sudjana, D. (2001). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Falah Production.
Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung. https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html
Sukaimi, S., & Said, M. (2018). BUDAYA DISIPLIN KERJA; Sebuah Sketsa Kerja Orang-Orang Jepang. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 228–255. https://doi.org/10.24014/jiik.v8i2.5729
Suradi, S. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 522–533. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats