Literature Study of Social Studies Learning Materials About the Parliamentary Democracy Period 1950-1959

Devita Sari, Bambang Subiyakto, Mutiani Mutiani

Abstract


Materi pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Masa Demokrasi Parlementer 1950-1959, termuat dalam buku teks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berbasis Kurikulum 2013 yang direvisi tahun 2018. Buku ini idealnya disusun berdasarkan kesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD), sebab aspek yang akan dicapai oleh peserta didik melalui pembelajaran IPS tidak hanya meliputi aspek pengetahuan namun dalam keseimbangan dengan aspek keterampilan. Pentingnya kesesuaian materi pembelajaran IPS dengan Kompetensi Dasar agar materi yang disajikan guru meliputi tiga aspek penting yaitu sikap, pengetahuan serta keterampilan, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan artikel ini untuk mengetahui kesesuaian materi Masa Demokrasi Parlementer 1950-1959 dengan KD. Metode yang digunakan studi literatur, yaitu mengumpulkan buku, jurnal dan pustaka lainnya yang relevan. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan mesin pencarian seperti google scholar dan e-book. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara materi ajar sub tema masa demokrasi parlementer dengan kompetensi dasar, karena sudah merujuk pada pengembangan kompetensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik.


Keywords


Masa Demokrasi Parlementer; Materi Pembelajaran; Kompetensi Dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W., Wahyu, W., Sofyan, A., Sarbaini, Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2016). Pendidikan Karakter. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/1177/

Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). IMPLEMENTASI DIGITAL-AGE LITERACY DALAM PENDIDIKAN ABAD 21 DI INDONESIA. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), 113-120–120.

Afandi, A., Neolaka, A., & Saleh, R. (2012). KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN TAMAN LINGKUNGAN DI JAKARTA PUSAT. Jurnal Menara, 7(1), 14–14.

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32

Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Susanto, H., & Hastuti, K. P. (2020). Historical Thinking Model in Achieving Cognitive Dimension of Indonesian History Learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 7894-7906.

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.

Elksnin, L. K., & Elksnin, N. (1998). Teaching Social Skills to Students with Learning and Behavior Problems. Intervention in School and Clinic, 33(3), 131–140. https://doi.org/10.1177/105345129803300301

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hadi, T. S. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING POKOK MATERI PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA SEJAK PROKLAMASI HINGGA DEMOKRASI TERPIMPIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL [Other, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/33515/

Handy, M. R. N. (2015). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan. Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 351-359.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49-54.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.

Irawan, D., Ofianto, O., & Aisiah, A. (2019). Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Halaqah, 1(1), 13–31. https://doi.org/10.5281/zenodo.3237232

Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280

Kadir, S. P. (2009, Mei). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP MELALUI PENGGUNAAN MASALAH KONTESTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA.

Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Kencana.

Mutiani, M. (2015). Reaktualisasi Pengamalan Nilai Pancasila untuk Demokrasi Indonesia. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(2), 176-183–183. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2822

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Mutiani, M., Abbas, E. W, Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2019). Penerapan Transcript Based Lesson Analyses (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113-122.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Najib, D. A., & Elhefni, E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), 19–28.

Ningrum, A. F. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBENTUK BOOKLET PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA N 1 KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 [Other, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/30052/

Octiara, D., Jaya, M. T. B. S., & Darsono, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial di Kelas VII SMP. Jurnal Studi Sosial, 5(2).

Pistanty, M. A., Sunarno, W., & Maridi, M. (2015). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI POLUSI SERTA DAMPAKNYA PADA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMK PANCASILA PURWODADI. Inkuiri, 4(2), 68–75.

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1–13.

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375–387. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380

RI, K. P. N. (2019). Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/61822

Rulianto, R. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134.

Sa’diyah, L. (2013). PERANAN GURU SEJARAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013 [Other, Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/18138/

Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 159-168.

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.

Setiana, N. (2014). Pembelajaran IPS Terintegrasi dalam Konteks Kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4574

Setiawan, I., Dedi, D., Suciati, S., & Mushlih, A. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial: Buku guru SMP/MTs Kelas VII (B. Uddin, A. Sapto, E. Ningrum, R. Diniari, R. N. Wilantari, N. Ratnawati, R. Saraswati, & A. Sujito, Eds.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/6881/

Setiawan, M. H. Y. (2016). MELATIH KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14–17. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sulfemi, W. B. (2019a). KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/wnc47

Sulfemi, W. B. (2019b). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/8wcb9

Susanti, D., & Risnanosanti, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creative, Collaborative, Communicative) melalui Model PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), Article 1. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/257

Syaharuddin, S. (2018, Juli 18). Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. International Seminar Strengthening Social Studies For The Twenty First Century (Memperkuat Pendidikan IPS Menghadapi Abad 21). http://eprints.ulm.ac.id/3843/

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. (2011). Taksonomi Bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL. Jurnal Dedikasi, 13. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats