Contribution of Geography Concepts in the Content of Junior High School Social Studies Subjects
Abstract
Upaya pemahaman konsep esensial hubungan antara manusia dan lingkungan sebagai kajian geografi dapat diintegrasikan dalam muatan mata pelajaran IPS melalui pengetahuan konsep dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan kontribusi konsep geografi dalam perannya pada materi mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi literatur dengan mengumpulkan berbagai literatur terkait untuk dianalisis sebagai karya tulis. Strategi pencarian jurnal dan buku melalui penelusuran internet dan perpustakaan. Sintesis data dituliskan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian mendeskripsikan kontribusi konsep esensial geografi yang diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS SMP yaitu memberikan pengetahuan maupun keterampilan berkenaan ruang (bumi) dan komponen-komponen yang ada dalam kehidupan yang memiliki koneksi satu sama lain melalui kerjasama regional, peranan penting manusia agar memiliki sensitivitas terhadap lingkungan berkaitan dengan pesebaran penduduk juga melalui nilai-nilai keunggulan potensi local untuk memecahkan masalah yang ada di sekitar peserta didik, serta cinta tanah air dalam memperkuat bangsa dan negara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/
Abbas, E. W., Wahyu, W., Sofyan, A., Sarbaini, Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2016). Pendidikan Karakter. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/1177/
Ahya, R. R., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). The Caring Attitudes for Environment of Lanting Householders as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2314
Alma, B. (2015). Pembelajaran Studi Sosial. Alfabeta.
Angriani, P., Adyatma, S., Rahman, A. M., & Saputra, A. N. (2020). Peningkatan Kompetensi Spasial melalui Pembuatan Peta bagi Guru Geografi SMA di Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1922
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92.
Efendi, R. (2009). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Febriyani, D. (2017). Krisis Lingkungan Hidup dan Pandangan Antroposentrisme Menurut A. Sonny Keraf. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga.
Handy, M. R. N., & Maulana, I. (2021, February). Revitalization of Green Open Space to Fulfill the Needs of Urban Communities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 222-224). Atlantis Press.
Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.
Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1369
Khafid, S. (2020). Peran Geografi Dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Manusia Indonesia Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.23251
Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.
Mutiani, M. (2015). PEMANFAATAN PUISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 199–208. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1456
Mutiani, M. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53.
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135–142.
Nababan, Z. A. H., Arisanty, D., & Mattiro, S. (2021, February). Human, Space, and Environment: Literature Review Through Exploring the Theme in Social Studies. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 163-166). Atlantis Press.
Nugroho, A. R., & Hastuti, K. P. (2013). Konsep Geografi Dalam Pendidikan IPS. Mewacanakan Pendidikan IPS, 115.
Permatasari, M. A., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Noerkhalishah, N., & Yasar, M. L. (2019). Potensi Daerah Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/4988/
Putra, M. A. H., & Subiyakto, B. (2021, February). Ecological Awareness Based on Religious Activities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 311-314). Atlantis Press.
Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., & Handy, M. R. N. (2020). The Development of a Waste Bank as a Form of Community Participation in Waste Management. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 22-30.
Rahadiyan, I., & Savira, K. A. (2016). Peluang dan Tantangan Atas Keikutsertaan Indonesia Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. DEFENDONESIA, 2(1), 15–23.
Rahman, A. M., Setiawan, F. A., & Iskandar, I. (2019). The Development of Geography Textbook: A Combination of Content and Pedagogy. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 21-39.
Ruhimat, M. (2015). Tekanan penduduk terhadap lahan di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).
Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.
Setiawan, F. A., Arisanty, D., Hastuti, K. P., & Rahman, A. M. (2020). The Effect of Metacognitive Ability on Learning Outcomes of Geography Education Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 82-90.
Sholeh, M. (2019). KECERDASAN GLOBAL DALAM PERSPEKTIF GEOGRAFI UNTUK PENGUATAN LITERASI GEOMARITIM. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/g7aqw
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Subiyakto, B., Abbas, E. W., Arisanty, D., Mutiani, M., & Akmal, H. (2020). Sungai dan Kehidupan Masyarakat Banjar: Penguatan Lokalitas dalam Wacana Pendidikan IPS yang Responsif. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18635
Subiyakto, B., Susanto, H., & Mutiani, M. (2017). The Relevance of Multicultural Approach Through Social Studies Education. 58–61. https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.15
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). NILAI-NILAI GOTONG ROYONG PADA TRADISI BAHAUL DALAM MASYARAKAT BANJAR DI DESA ANDHIKA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. SOSIOHUMANIKA, 8(2). https://journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/608
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Suharwati, S. I., & Rahman, A. M. (2018, April). Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Melalui Outdoor Study. Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global, Banjarmasin. http://eprints.ulm.ac.id/6171/
Supardan, D. (2012). Pengantar Ilmu Sosial—Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. PT. Bumi Aksara. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/30403/pengantar-ilmu-sosial-sebuah-kajian-pendekatan-struktural.html
Suprapto, Y. (2016). TEORI DAN PRINSIP IPS DALAM PERSPEKTIF GEOGRAFI DI SEKOLAH DASAR. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).
Supsiloani, & Amal, B. K. (2017). PEMBELAJARAN IPS BERKARAKTER DAN PERANANNYA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI MEA. 16–19. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PEMBELAJARAN-IPS-BERKARAKTER-DAN-PERANANNYA-DALAM-MENGHADAPI-ERA-GLOBALISASI-MEA.pdf
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/
Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1253
Syahrin, M. A., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). Environmental Awareness of Kampung Hijau Society, Sungai Bilu Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2042
Wibowo, F. H., & Rahayu, S. (2017). KAJIAN POLA INTERAKSI KERUANGAN SENTRA USAHA PENGASAPAN IKAN DI DESA WONOSARI, KABUPATEN DEMAK. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 6(2), 113–124.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats