Contribution of Geography in Social Studies Education to Inculcate Environmental Awareness

Musdalipah Musdalipah, Bambang Subiyakto, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Manusia memiliki peran penting dalam menangani persoalan yang muncul akibat interaksinya dengan lingkungan, kurangnya kesadaran lingkungan menimbulkan banyak permasalahan. Disiplin ilmu yang mengkaji keterkaitan antara manusia dan lingkungan yaitu ilmu geografi. Melalui kontribusi ilmu geografi dalam pendidikan IPS diharapkan masyarakat terkhusus peserta didik memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS yang dapat membantu dan memberikan kontribusi besar dalam menanamkan kesadaran lingkungan kepada seluruh masyarakat termasuk di dalamnya yaitu peserta didik. Penelitian ini menggunakan studi literatur atau pustaka dengan mengumpulkan berbagai literatur yang terkait untuk kemudian dianalisis untuk keperluan karya tulis ini. Strategi pencarian literatur jurnal maupun buku-buku melalui penelusuran di internet ataupun di perpustakaan. Penelitian studi literatur dalam mensintesis data yang telah dikumpulkan dituliskan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kontribusi ilmu geografi dalam pembelajaran IPS untuk menanamkan kesadaran lingkungan yaitu dengan mempelajari materi terkait perbedaan lingkungan, pertumbuhan penduduk, dan pemanfaatan potensi sumberdaya alam.


Keywords


Ilmu Geografi; Pendidikan IPS; Kesadaran Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Afrida, M. A. (2018). Kontribusi Mata Pelajaran Geografi dalam Penanaman Sikap Kepedulian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPS di MA I Negeri Lombok Tengah Tahun 2017/2018.

Ahya, R. R., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). The Caring Attitudes for Environment of Lanting Householders as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 66-74.

Angriani, P., Adyatma, S., Rahman, A. M., & Saputra, A. N. (2020). Peningkatan Kompetensi Spasial melalui Pembuatan Peta bagi Guru Geografi SMA di Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30–36.

Daldjoeni, N. (1982). Pengantar geografi untuk mahasiswa dan guru sekolah. Ombak. /paper/Pengantar-geografi-untuk-mahasiswa-dan-guru-sekolah-Daldjoeni/055518b8a7ad8273cf922c0885d83d77f1f640b6

Handy, M. R. N., & Maulana, I. (2021, February). Revitalization of Green Open Space to Fulfill the Needs of Urban Communities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 222-224). Atlantis Press.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.

Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1369

Munisah, M., Estiastuti, A., Bektiningsih, K., & Nurharini, A. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH HIJAU. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16508

Mutiani, M. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53.

Nababan, Z. A. H., Arisanty, D., & Mattiro, S. (2021, February). Human, Space, and Environment: Literature Review Through Exploring the Theme in Social Studies. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 163-166). Atlantis Press.

Nasruddin, N., Nurandini, D., Halang, B., Kumalawati, R., Syaharuddin, S., Riadi, S., & Farista Aristin, N. (2018). Identifikasi Potensi Limbah Cair Zat Pewarna Sasirangan terhadap Pencemaran di Kota Banjarmasin.

Neolaka, A. (2019). Isu-isu Kritis Pendidikan: Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Prenada Media.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar Ruzz Media.

Puspitasari, E., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). INTEGRASI BERPIKIR KRITIS DAN PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 122–126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6106

Putra, M. A. H., & Subiyakto, B. (2021, February). Ecological Awareness Based on Religious Activities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 311-314). Atlantis Press.

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375–387. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380

Rahman, A. M., Setiawan, F. A., & Iskandar, I. (2019). The Development of Geography Textbook: A Combination of Content and Pedagogy. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 21-39.

Soyumukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta Ar-Ruzz Media, Cet, 1.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Subiyakto, B., Abbas, E. W., Arisanty, D., Mutiani, M., & Akmal, H. (2020). Sungai dan Kehidupan Masyarakat Banjar: Penguatan Lokalitas dalam Wacana Pendidikan IPS yang Responsif. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18635

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). NILAI-NILAI GOTONG ROYONG PADA TRADISI BAHAUL DALAM MASYARAKAT BANJAR DI DESA ANDHIKA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993

Suprapto, Y. (2016). TEORI DAN PRINSIP IPS DALAM PERSPEKTIF GEOGRAFI DI SEKOLAH DASAR. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Syahrin, M. A., Syaharuddin, S., & Rahman, A. M. (2020). Environmental Awareness of Kampung Hijau Society, Sungai Bilu Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2042

Syarif, H., Subiyakto, B., & Rahman, A. M. (2020). The Use Videos of Wood Bussines Seller of Galam (Melaleuca Cajuputi) as a Learning Resources on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 9–14.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats